Bupati Katingan Resmikan Makam “Minum Dehen” di Kota Pahlawan, Tumbang Samba

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat meresmikan makam pahlawan Minum Dehen di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, resmikan makam pahlawan “Minum Dehen” Tumbang Samba, Kota Pahlawan, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kamis 24 Maret 2022.

Usai peresmian, Bupati Katingan kemudian melaksanakan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh sejumlah Kepala SOPD, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Katingan. Kemudian, hadir juga Ketua DAD, Damang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang hadir.

“Kegiatan hari ini merupakan wujud penghargaan pemerintah daerah terhadap para pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya adalah  pahlawan daerah Bernama Minum Dehen yang gugur 24 Agustus 1949 dalam pertempuran dengan Belanda di Danau Mare,” jelas Bupati Katingan Sakariyas.

Peresmian makan pahlawan ini tujuannya adalah untuk melestarikan kebudayaan sebagai aset sosial dan kepariwisatan, meneladani apa yang telah dilakukan para pejuang dengan memelihara kerukunan, kedamaian, kebersamaan dan ini adalah modal dasar untuk membangun bangsa yang kuat, serta selalu tanggap dan tulus melayani masyarakat minun dehen adalah salah satu putra dayak kalimantan tengah yang gugur dalam perang mempertahankan kemerdekaan RI di Kalimantan Tengah, di kutip dari catatan TT “Suan, disebutkan Minun Dehen merupakan salah seorang pejuang anggota gerakan revolusi rakyat Indonesia.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

“Makam pahlawan daerah Minun Dehen ini adalah aset daerah yang harus kita jaga bersama-sama dengan seluruh aspek lapisan instansi maupun masyarakat. Saya menitipkan kepada Camat Katingan Tengah selaku kepala wilayah pemerintahan kecamatan dan Kepala Desa Samba Danum. Dimana makam pahlawan daerah ini berada di desa Samba Danum untuk selalu menjaga dan memelihara makam pahlawan daerah ini,” jelas Sakariyas.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng ini kembali menghimbau untuk seluruh warga Katingan Tengah agar bersama-sama menjaga dan memelihara kelestarian makam pahlawan “Minun Dehen?” di Kota Pahlawan Tumbang Samba tersebut. Kemudian diharapkan kepada camat di wilayah lain, agar dapat aktif melaporkan keberadaan makam pahlawan di daerah masing-masing untuk dapat dilaporkan ataupun diusulkan untuk direlokasi ke area taman makam pahlawan “Danau Mare” di Kasongan agar keberadaan berbagai makam pahlawan dapat senantiasa melestarikan bersama-sama.

BACA JUGA:   Petugas Pemilu KPU dan Bawaslu di Katingan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Sementara itu Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial Katingan atas renovasi makam pahlawan Minum Dehen. Wilayah Katingan Tengah tercatat makam Pahlawan Minup Dehen yang sudah pertama kali di renovasi, dan yang masih belum yaitu makam Pahlawan Haji Ikap.

“Jadi kami mohon nanti bila berkenan kepada Bupati Katingan agar Makam Haji Ikap, juga bisa dilakukan renovasi. Sehingga identitas Tumbang Samba yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini benar-benar bisa terjaga,” singkatnya.

(Annas/beritasampit.co.id)