Pemkab Kobar Lanjutkan Program Konsorsium, Bupati Hj. Nurhidayah: Dalam Rangka Percepatan Pembangunan

Ist/BERITA SAMPIT : Bupati Kobar Hj.Nurhidayah, menggelar pertemuan dan pihak ketiga dari sejumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS).

PANGKALAN BUN – Guna meningkatkan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melanjutkan kerjasama dengan pihak perusahaan melalui program konsorsium, dimana program pembangunan dan pemeliharaan jalan kabupaten dengan pola konsorsium perusahaan (CSR Partisipatif). Setelah sukses di periode berikutnya dan mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk pemerintah pusat.

Untuk tahun 2022 ini, program tersebut kembali dilaksanakan dan di dukung oleh 11 perusahaan yang beroperasi di Kobar. Adapun perusahaan yang terlibat ialah PT. Astra Agro Lestari (Astra Group), PT. Bangun Jaya Alam Permai, PT. Egreendo, PT. Ensburry Kalteng Mining, PT. Intrado Jaya Intiga, PT. Arut Sawit Mandiri (ASM) untuk di wilayah kecamatan Arut Utara. Di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama ada PT. BGA Group, PT. Kalimantan Sawit Abadi (KSA) CBI Group dan PT. Sungai Rangit Sampoerna Agro. Kecamatan Pangkalan Banteng terdiri dari PT. Korintiga Hutani (KTH) dan PT. Surya Sawit Sejati (SSS). Sedangkan di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada adalah PT. Surya Sawit Sejati (SSS).

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

Sementara total target pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 115,6 kilometer di 4 kecamatan. Pelaksanaan program tersebut tandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara perusahaan yang terlibat dengan Bupati Kotawaringin Barat.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan, program pembangunan jalan melalui pola konsorsium ini dilaksanakan dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jalan secara merata, meningkatkan pelayanan publik serta pemerataan hasil pembangunan yang berkeadilan.

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat akan terus berkomitmen untuk mewujudkan misinya yaitu membangun di segala bidang yang ditempuh dengan berbagai strategi dan kebijakan,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Jumat 25 Maret 2022.

BACA JUGA:   Kuncoro Candrawinata Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadan Kepada Karyawannya dan Warga Kurang Mampu

Menurut Bupati, bahwa program konsorsium ini menjadi jawaban atas keterbatasan anggaran pembangunan dibandingkan dengan kebutuhan pembangunan yang ada.

“Pembangunan dan pemeliharaan infarstruktur jalan memiliki peran strategis terhadap tantangan pembangunan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah, untuk itu atas nama pemerintah daerah, ibu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh perusahaan yang terlibat,” ujar  Bupati.

Seraya menambahkan, peran serta dunia usaha dan seluruh stakeholder pembangunan tidak hanya selesai sampai disini, namun dapat terus berlanjut sehingga makin mendorong Kotawaringin Barat menjadi lebih maju lagi. (man/beritasampit.co.id).