Pemkot Palangka Raya Siapkan Tiga Skema Pengendalian Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Petugas BPBD saat memadamkan Karhutla.

PALANGKA RAYA – Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kota Palangka Raya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota setempat melakukan berbagai kesiapan dalam mencegah maupun pengendalian kebakaran hutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengungkapkan, meskipun saat ini intensitas hujan di wilayah Kota Palangka Raya masih cukup tinggi. Namun demikian, kewaspadaan mencegah serta pengendalian Karhutla harus tetap dilakukan.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Daerah untuk Menyinkronkan Program

“Ada tiga skema dalam pengendalian Karhutla yang akan dilaksanakan. Diantaranya pencegahan, penanggulangan dan penanganan pasca kebakaran,” jelas Achmad Zain, Kamis 24 Maret 2022 kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla di sejumlah kecamatan yang ada di wilayah Kota Palangka Raya sebagai upaya pencegahan dini Karhutla.

Dikatakannya, salah satu peran penting untuk mencegah dini ancaman Karhutla, Dia mengajak tokoh agama serta tokoh masyarakat untuk membantu mengedukasi masyarakat terkait membuka lahan dengan tidak membakar, langkah penegakan hukum dan sanksi yang tegas.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

“Presiden senantiasa selalu mengingatkan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk tetap melakukan pengendalian dan pencegahan dini Karhutla. Tentu ini menjadi perhatian kita bersama,” tutupnya. (M.Slh/beritasampit.co.id).