Sidang Isbat 1 Ramadan, Kemenag Barsel Menunggu Pengumuman Kemenag Pusat

DEDDY/BERITA SAMPIT : Ka.Kankemenag Kabupaten Barsel H. Arbaja, S.Ag,M.A.P

BUNTOK – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), H. Arbaja mengimbau, bagi umat Islam di daerah ini untuk bisa bersabar menunggu pengumuman dari Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag RI) tentang kepastian 1 Ramadan 1443 Hijiriah Tahun 2022 ini.

“Terkait pelaksanaan Sidang Isbat (penetapan) 1 Ramadan 1443 H tahun 2022 ini, kami masih menunggu pengumuman dari Kemenag Pusat maupun Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng,” kata Arbaja kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 29 Maret 2022.

Dikatakan, pihak Kemenag Kabupaten Barsel hanya bisa mengikuti petunjuk dari Kemenag Pusat dan Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng perihal penetapan keputusan jatuhnya awal Bulan Suci Ramadan 1443 H.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Apabila sudah selesai dilaksanakan Sidang Isbat Ramadan, tentunya dari pihak Kemenag Pusat langsung mengumumkan penetapan tanggal 1 Ramadan 1443 H sekaligus pengumuman awal pelaksanaan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam di Indonesia,”  katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan sidang isbat tersebut nantinya akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

“Yang jelas bilamana, sudah selesai dilaksanakannya sidang isbat tersebut tentunya Kemenag Pusat langsung mengumumkan penetapan 1 Ramadan 1443 H sekaligus mengumumkan awal dilaksankannya ibadah puasa,” jelas Arbaja.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Lebih lanjut ditambahkannya, diimbau kepada seluruh umat Islam di daerah ini agar mempersiapkan diri dan qalbu untuk menyambut serta mengisi bulan suci ramadan dengan amaliyah terbaik yang kiranya bisa dilaksanakan dengan baik pula.

Serta yang tidak kalah pentingnya juga, tetap waspada da berhati-hati terkait penyebaran virus Covid-19 yang masih ada disekitar kita.

“Dikesempatan yang baik ini pula, atas nama Kemenag Kabupaten Barsel saya mengucapkan selamat menuju kemenagan dan selamat menjalankan ibadah puasa semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” pungkas Arbaja.

(Ded/beritasampit.co.id)