Perusda Katingan Diminta Berinovasi

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Katingan Esenhover

KASONGAN – Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Esenhover mendorong perusahaan Daerah agar lebih kreatif dan inovatif dalam menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dirinya mencontohkan potensi rotan yang dimiliki Katingan, dirinya meyakini rotan mampu menjadi ikon besar. Bukan hanya soal pengolah produk, tetapi juga bagaimana mampu bersaing harga.

“Perusda Daerah (PD) harus inovatif, jangan sampai kita membayar gaji para direktur PD malah tidak membuahkan hasil. Selain rotan kita juga penghasil Padi,” sebutnya belum lama ini dilobi Kantor DPRD Katingan.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Akan Gelar Bazar Murah Ramadan 1445 Hijiriah

Seperti diketahui anjeloknya harga gabah kering di tingkat para petani terus menjadi keluhan masyarakat. Para petani berharap pemerintah daerah dapat mencarikan solusinya.

“Nah ini kalo kita maksimalkan menggunakan Perusda untuk menampung padi petani lokal bisa menjadi solusi, kemudian bagaimana soal distribusi barang itu yang difikirkan sehingga dapat meningkat PAD,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

Ia menyarankan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) agar nanti bisa mengutamakan dan membeli beras-beras dari masyarakat atau petani lokal yang ada di Bumi Penyang Hinjei Simpei.

“Saya harap ASN kita dapat lebih mengutamakan membeli beras yang berasal dari petani kita sehingga dapat membantu dalam menyerap hasil panen petani dan tentunya akan berdampak pada kesejahteraan mereka,” jelasnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)