Disdik Katingan Dorong Peran Penting Orangtua Siswa dalam Pembelajaran

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Feriso

KASONGAN – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Feriso mendorong peran orangtua dalam membimbing anaknya dalam belajar meskipun anak sudah sekolah ada guru yang mengajar ketika di sekolah, tetapi orangtua harus tetap membimbing belajar anak dan memantau kegiatan sehari-hari anak.

Karena menurut Feriso orangtua adalah orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, dari mulai balita, anak-anak hingga dewasa. Peran orangtua dalam pendidikan anak sangat penting, dengan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat.

“Orang tua turut bertanggung jawab terhadap perkembangan anak bukan hanya guru. Masyarakat juga diharapkan turut berpartisipasi,” imbaunya. Senin, 18 April 2022, kemaren.

Kata dia, peran orang tua menjadi salah faktor penentu bagi keberhasilan siswa didik, sebab proses belajar tidak hanya terjadi di sekolah. Dirinya berharap setiap orang tua murid punya kepedulian bagi perkembangan siswa didik.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Bimbingan para guru hanya sebatas jam sekolah. Disinilah peran orang tua sangat menentukan,” tambahnya.

Menanggapi kabar anak kelas VI SD yang tak bisa membaca. Sebelumnya permasalahan itu sering diungkapkan Bupati Katingan Sakariyas dalam berbagai forum.

Menurut Feriso, peristiwa itu memang benar terjadi di daerah hulu Kabupaten Katingan. Kejadiannya sebelum ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Tapi tidak semua siswa sekolah tersebut tak bisa membaca, hanya satu atau dua orang saja. Siswa bersangkutanpun dalam kondisi normal, tidak mengalami gangguan fisik maupun mental.

“Anak itu belum bisa membaca tapi terus naik kelas hingga kelas VI SD. Alasan para guru karena takut diancam orang tua murid,” jelasnya,

BACA JUGA:   Upaya Pengawasan dan Edukasi, Pj Bupati Katingan Kunjungi Rumah Keluarga Terindikasi Stunting

Mengatasi persoalan itu, Kepala Dinas Pendidikan yang baru dalam hitungan bulan dilantik ini mengungkapkan, dunia pendidikan semestinya menjadi tanggung jawab bersama. Harus ada kerja sama antara orang tua, guru dan masyarakat.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan terus melakukan sosialisasi keseluruh pelosok guna meningkatkan kesadaran guru, orang tua murid serta siswa tentang pentingnya pendidikan.

Feriso berkeinginan bahwa menuntut ilmu dengan bersekolah adalah kebutuhan utama dan prioritas. Jangan ada lagi orang tua melarang anak turun sekolah karena harus bekerja membantu ekonomi keluarga sebagaimana sering terjadi.

“Pola pikir seperti itu banyak kami temui di daerah pedalaman Katingan. Secara perlahan kita merubah mindset itu,” pungkasnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)