Upaya Pengawasan dan Edukasi, Pj Bupati Katingan Kunjungi Rumah Keluarga Terindikasi Stunting

IST/BERITASAMPIT - Pj Bupati Katingan Saiful didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan Ny. Sumiati Saiful beserta Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Katingan memberikan bantuan kepada keluarga yang terdampak stunting.

KASONGAN – Dalam upaya nyata untuk memerangi stunting, Penjabat Bupati Katingan Saiful, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan Ny. Sumiati Saiful beserta Tim Percepatan Penurunan Stunting kabupaten setempat, melakukan kunjungan ke rumah keluarga yang terindikasi stunting dan berisiko stunting yang ada di wilayah Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, Kamis 14 Maret 2024.

Kegiatan kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari program Gerakan Berkunjung Ke Rumah Keluarga Resiko Stunting (Grebek Stunting) yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Katingan selaku leading sector TPPS Kabupaten Katingan sebagai bentuk tanggap darurat pemerintah terhadap stunting dan masalah gizi yang telah lama mengkhawatirkan.

Saiful menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan perhatian langsung kepada keluarga yang terindikasi stunting dan berisiko stunting, serta untuk mengevaluasi kondisi mereka secara mendalam.

BACA JUGA:   718 PPPK Dilantik dan Dikukuhkan, Bupati Katingan Berpesan Ciptakan Suasana Kerja yang Kondusif

Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati Katingan Saiful, beserta Ny. Sumiati Saiful ikut berbincang secara langsung dengan keluarga yang terdampak dan beresiko stunting terkait permasalahan yang dihadapi oleh mereka.

“Kami sadar bahwa stunting merupakan masalah serius yang memerlukan langkah-langkah konkret untuk mengatasinya. Perlu kerjasama semua pihak dan kepedulian kita semua untuk mengatasinya. Stunting ini persoalan yang besar karena dampak dari stunting ini sangat mempengaruhi masa depan bangsa kita beberapa tahun yang akan datang,” ungkapnya.

Selain itu kata Saiful dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah keluarga yang terdampak sunting diharapkan dapat memberikan bantuan serta solusi yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dan gizi anak-anak.

“Kita memberikan bantuan sosial secara simbolis kepada keluarga terdampak stunting dan beresiko stunting,” katanya.

BACA JUGA:   Bocah Sembilan Tahun yang Tenggelam di Sungai Katingan Ditemukan Tewas

Selain itu, dia juga memberikan edukasi kepada keluarga terkait pola makan sehat, gizi yang seimbang, kebersihan lingkungan dan sanitasi serta pentingnya perawatan kesehatan rutin bagi anak-anak.

“Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak,” jelasnya.

Kunjungan Pj Bupati Katingan ke rumah keluarga terdampak stunting ini menjadi bagian dari strategi yang lebih besar dalam upaya Pemkab Katingan untuk mengatasi masalah gizi, terutama stunting, yang telah lama menjadi perhatian utama.

“Kami melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan, diharapkan masalah stunting di wilayah ini dapat teratasi secara bertahap menuju masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas,” pungkasnya.

(Bitro)