Pemkab Pulang Pisau Sediakan Layanan Vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Bahaur

Arsip Foto. Pejabat pemerintah daerah meninjau Dermaga Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (ANTARA/Adi Waskito)

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau di Provinsi Kalimantan Tengah akan menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala, untuk memudahkan warga yang hendak mudik Lebaran mengakses pelayanan vaksinasi.

“Nanti ada petugas pelayanan vaksinasi yang ditempatkan di Pelabuhan Bahaur untuk membantu para pemudik memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menuju ke daerah lain,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Bawa Budi Raharja di Pulang Pisau, Jumat 22 April 2022.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Bawa mengatakan, warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar daerah bisa mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga atau penguat di fasilitas pelayanan vaksinasi yang disediakan di pelabuhan.

Ia menambahkan, pelayanan vaksinasi penguat diberikan kepada warga yang sudah memenuhi syarat mendapat suntikan dosis ketiga vaksin.

“Vaksin booster (penguat) juga jenisnya masing-masing disesuaikan dengan jenis vaksinasi kedua yang diterima sehingga tidak sembarangan. Biar jumlah vaksin dosis ketiga menumpuk, apabila belum waktunya warga mendapatkan booster juga tidak bisa dipaksakan,” katanya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Selain di pelabuhan, fasilitas pelayanan vaksinasi COVID-19 juga disiapkan di posko-posko pelayanan mudik di Kabupaten Pulang Pisau.

Bawa menambahkan, pemerintah daerah juga menyediakan fasilitas pemeriksaan antigen gratis bagi warga di Pelabuhan Bahaur.

ANTARA