Bandara Syamsudin Noor Tambah Penerbangan Selama Mudik

Suasana di pintu kedatangan penumpang pesawat di Bandara Internasional Syamsudin Noor. (ANTARA/Firman)

BANJARBARU – Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan mencatat ada sejumlah penerbangan tambahan selama arus mudik Lebaran 1443 Hijriah.

“Total ada 12 permintaan ekstra flight dan delapan terealisasi per hari selama arus mudik,” kata Airport Operation, Service & Security Senior Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Siswanto di Banjarbaru, Selasa 3 Mei 2022.

Sejak H-7 Lebaran atau 25 April 2022 sampai H-1 pada 1 Mei 2022 sebanyak 54.380 penumpang menggunakan jasa  Bandara Internasional Syamsudin Noor .

Ada 261 penerbangan dengan jumlah penumpang 17.957 orang yang datang. Sementara keberangkatan melayani 260 penerbangan mengangkut 36.423 penumpang.

Bahkan,  saat Lebaran pada Senin (2/5), arus mudik masih terasa dengan jumlah kedatangan 22 penerbangan mengangkut 1.144 penumpang,  dan keberangkatan 24 penerbangan membawa 3.580 penumpang.

Siswanto menyebut rute Banjarmasin tujuan Surabaya paling banyak mengangkut pemudik termasuk untuk penerbangan tambahan dengan maskapai Lion Air Group.

Selaku Kepala Posko Terpadu Angkutan Lebaran di bandara, Siswanto memastikan pelayanan bagi pemudik tahun ini berjalan maksimal dengan sejumlah fasilitas tambahan yang disediakan.

“Ada rest area yang bisa dimanfaatkan calon penumpang beristirahat sembari menunggu jadwal penerbangan. Kemudian layanan vaksinasi yang per hari tercatat 10 sampai 15 orang divaksin,” kata Siswanto mewakili General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Dony Subardono.

Tingginya permintaan penerbangan tambahan di Bandara Internasional Syamsudin Noor pun mendapat perhatian khusus Vice President Airport Operation and Services Angkasa Pura I Indah Preastuty yang meninjau langsung situasi arus mudik di bandara yang pernah dipimpinnya tahun 2018 sampai 2019.

Indah menyebut situasi keamanan dan ketertiban di Bandara Internasional Syamsudin Noor sangat terjaga baik meski terjadi lonjakan penumpang.

Dia juga mengapresiasi kesiapsiagaan petugas gabungan di Posko Terpadu yang sangat baik menjalankan tugasnya sejak H-7 25 April 2022 yang dijadwalkan sampai 10 Mei 2022 mendatang.

Begitu juga calon penumpang, syarat vaksinasi selama musim mudik tahun ini dipatuhi masyarakat. Terbukti mayoritas sudah vaksin dosis penguat atau booster sehingga tidak perlu menyertakan hasil negatif antigen atau PCR.

“Ini membuktikan masyarakat sudah teredukasi secara baik terkait protokol kesehatan hingga program vaksinasi. Semoga saja situasi baik ini dapat terus bertahan agar angkutan udara pulih seperti sebelum pandemi,” kata Indah. (Antara/beritasampit.co.id).