KNPI Kotim Gelar Festival Pemuda 2022

Ilustrasi - Sekretariat DPD KNPI Kotawaringin Timur dipadati warga yang antre membeli sembako murah saat pasar murah yang dilaksanakan DPD KNPI Kotawaringin Timur, Selasa (29/3/2022). ANTARA/Norjani

SAMPIT – Jumat 6 Mei hingga Senin 9 Mei 2022, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar Festival Pemuda tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa perlombaan olahraga, seni dan budaya, aksi sosial, bazar dan kegiatan lainnya seperti donor darah massal, pemeriksaan kesehatan gratis, pagelaran seni dan budaya, bazar UMKM, jalan sehat, vaksinasi COVID-19, pengecatan TK Tunas Beringin, serta Rapimpurda KNPI Kotim.

Festival Pemuda tahun 2022 ini dilaksanakan di empat lokasi berbeda sesuai jenis kegiatannya yaitu Balai LPMK Baamang Hulu, eks Lapangan Beringin Baamang Hulu, Sekretariat DPD KNPI Kotawaringin Timur dan Gang Prona Baamang Hulu.

“Ini salah satu upaya kami kaum muda untuk mendorong bangkitnya kembali kegiatan masyarakat, tapi tentu tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 karena pandemi belum berakhir,” kata Ketua DPD KNPI Kotim, Endra Rosana di Sampit, Jumat 6 Mei 2022.

BACA JUGA:   PPLIPI Kotim Berbagi Takjil di Nur Mentaya Sampit

Endra menjelaskan, kegiatan sosial donor darah massal dan pengecatan TK Tunas Beringin merupakan bentuk upaya KNPI menginisiasi semua pihak dalam membantu kelancaran kegiatan sosial. Harapannya, kegiatan-kegiatan serupa semakin sering digelar sehingga membawa manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan lainnya yaitu jalan sehat, pemberian vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan gratis merupakan upaya mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan, khususnya diri sendiri dan orang lain.

Pagelaran seni dan budaya diisi dengan lomba tari kreasi, lawang sakepeng dan pidato bahasa Sampit. Kegiatan ini untuk menyalurkan bakat pelaku seni sekaligus membantu melestarikan seni dan budaya, serta bahasa daerah agar tidak punah.

Sementara itu bazar UMKM digelar untuk mendorong bangkitnya kembali sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan tersebut untuk memfasilitasi agar pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka sehingga pelaku UMKM semakin bersemangat untuk bangkit dan maju.

BACA JUGA:   Kelompok Tani di Cempaga Tegas Meminta PT BSP Segera Selesaikan Ganti Rugi Lahan yang Belum Dibayar

KNPI Kotawaringin Timur memang menjadikan ekonomi kerakyatan sebagai salah satu fokus perhatian mereka. Bahkan belum lama ini, KNPI Kotawaringin Timur membantu sejumlah pelaku usaha yang menjadi binaan mereka.

Endra menilai kegiatan-kegiatan positif ini akan terus mereka laksanakan sebagai wujud KNPI mendorong kemajuan masyarakat dan daerah, khususnya melalui kaum muda di wilayah masing-masing.

“Kami mengajak masyarakat untuk mengikuti rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut. Melalui Festival Pemuda tahun 2022 ini kami juga ingin menyampaikan pesan bahwa kita sudah diizinkan melaksanakan berbagai kegiatan, tapi tentu masyarakat dan kita bersama harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Endra.

(ANTARA/BS65)