Kuantitas dan Kualitas SDM di Seruyan Berbanding Terbalik Dengan Kekayaan SDA

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko

KUALA PEMBUANG – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di wilayah setempat masih belum mampu mengimbangi kekayaan Sumber Daya Alam (SDA).

Seiring dengan hal itu, Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengakui jika Kabupaten Seruyan sampai dengan saat ini masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih sangat terbatas. “Itu tidak bisa dipungkiri dan jangan kita tidak mengakui akan hal itu. Seruyan ini masih sangat kekurangan SDM dan ini menjadi masalah yang harus jadi perhatian kita bersama,” katanya, Jumat 13 Mei 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Menurutnya, terbatasnya SDM inilah yang menjadi salah satu kendala utama bagi Bumi Gawi Hatantiring untuk memajukan daerah. Padahal, Kabupaten Seruyan sendiri memiliki Sumber Daya Alam (SDA) sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan. “SDM kita masih sangat kekurangan. Dan daya saingnya juga demikian,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, walaupun SDA pada suatu daerah tersedia dengan sangat banyak, jika tidak disertai dengan SDM maka pemanfaatannya juga tidak akan bisa maksimal. “Kita SDA melimpah sekali mulai dari hamparan pertanian yang luas, perkebunan kelapa sawit sampai perikanan. Tapi SDM kita masih terbatas sekali, itulah yang menjadi kendala,” ujarnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Maka dari itu, Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya untuk terus memberikan dukungan dan support terhadap program-program dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

“Khususnya untuk pendidikan, mulai dari jenjang paling bawah sampai dengan perguruan tinggi. Itu harus betul-betul diperhatikan, karena dari sanalah kita bisa mencetak individu-individu yang akan menjadi generasi penerus untuk memajukan daerah ini,” pungkasnya.