Keberadaan Organisasi AMSI Diharapkan Bisa Semakin Meningkatkan Kualitas Pemberitaan

HARDI/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden.

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden menghadiri dan sekaligus memberikan sambutan di acara pelantikan pengurus wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Tengah periode 2022-2025, di Hotel Aquarius Palangka Raya, Selasa 24 Mei 2022.

Herson B. Aden menyampaikan, bahwa melalui organisasi AMSI, anggota perusahaan media diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas pemberitaan dan juga profesionalisme para awak media, khususnya siber atau online.

“Hingga saat ini AMSI telah memiliki anggota lebih dari 400 perusahaan media siber yang tersebar di 24 Provinsi di Indonesia termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Oleh karena itu, tentunya menjadi harapan bersama, AMSI mampu turut memberikan edukasi dan pemahaman literasi media siber yang benar, baik kepada pembaca maupun insan media siber di dalamnya, apalagi dengan semakin merebaknya berita bohong atau hoax di tengah masyarakat.

BACA JUGA:   Agus Siswadi Apresiasi Peran Media Massa Sampaikan Informasi kepada Masyarakat Kalteng

Di era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai pesatnya media sosial dan digitalisasi, Media, khususnya online, harus dikembalikan kepada jati dirinya sebagai sumber informasi, berita, dan inspirasi yang memiliki keunggulan karena kredibilitas, kecepatan, keakuratan dan dijangkau khalayak dengan harga sangat terjangkau dan bahkan gratis.

“Media, baik cetak, elektronik, maupun online/siber, merupakan mitra strategis Pemerintah dalam mendukung percepatan pembangunan di pusat dan juga daerah. Media berperan penting, terutama dalam menyebarluaskan informasi mengenai berbagai program pembangunan daerah, dan kebijakan pemerintah agar bisa cepat diketahui masyarakat,” jelasnya.

Salah satunya penyebarluasan kebijakan Pemerintah untuk penanganan pandemi Covid-19, sehingga pandemi ini sekarang sudah semakin terkendali, khususnya di Kalimantan Tengah. Hal ini tidak lepas dari peran strategis media, terutama dalam memberitakan informasi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisplinan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Tidak sedikit juga melalui pemberitaan media, berbagai potensi di Kalimantan Tengah kini semakin terangkat di mata nasional, dan bahkan internasional, baik itu potensi ekonomi, budaya, wisata, dan lainnya.

“Oleh karena itu, pada kesempatan sangat baik ini, saya mengajak seluruh organisasi dan awak media, khususnya Pengurus Wilayah AMSI, untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dalam upaya memajukan pembangunan dan perekonomian di Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Perlu diketahui untuk susunan pengurus AMSI Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah periode 2022-2025 yaitu Hairil Supriadi (KaltengEkspres.com) sebagai ketua dan Sun Rise Sinulingga (Kalamanthana.id) sebagai sekretaris AMSI Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah periode 2022-2025.

Abdillah, (ProKalteng.co) HM Yusup, (Antara) dan M Rahmad Hidayat (Antara) sebagai anggota Majelis Etik AMSI Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah periode 2022-2025. (Hardi/beritasampit.co.id).