Indahnya Alam di Tumbang Habangoi Surga Bagi Pemancing

Warga Desa Tumbang Habangoi saat mengajak wisatawan memancing.

KASONGAN  – Kawasan Kecamatan Petak Malai yang berada diwilayah hulu selatan Kabupaten Katingan menyimpan banyak spot dan kekayaan alam yang sangat menarik, salah satunya keindahan alam yang masih sangat asri.

Selain itu keindahan alam juga terdapat salah satu sungai  yang menjadi spot tempat favorit lokasi memancing. Salah satu lokasi favorit memancing itu terletak di desa Tumbang Habangoi, tepatnya berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) samba.

Mantan Kades Tumbagn Habangoi mengatakan, lokasi tersebut kerap dikunjungi dari orang luar daerah lain hanya untuk bepergian memancing dan menikmati indahnya alam sekitar yang masih asri.

“Lokasi tempat memancing itu berada di daerah aliran sungai samba yang berada di bawah kaki bukit raya bukit raya,” ungkap Yusup Roni saat berbincang-bincang. belum lama ini,

Dia menjelaskan, warga desa Tumbang Habangoi biasanya kerap mengantar orang dari luar daerah untuk bepergian ke lokasi yang menjadi tempat favorit memancing.

Di antara yang pernah datang ke lokasi ini dari Surabaya, Bali, Jakarta, Manado, bahkan pernah ada dari negara luar seperti Malaysia dan Singapura.

“Yang paling sering datang ke lokasi tersebut, biasanya orang dari Palangkaraya,” tambahnya.

Untuk datang ke lokasi memancing yang ada di aliran sungai samba tersebut membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam lama nya.

Ikan-ikan yang ada di lokasi spot tempat memancing tersebut cukup besar. “Dari hasil memancing biasanya yang didapatkan satu ekor ikan mencapai berat 1 hingga 2 kg,”ujarnya.

Jenis-jenis ikan yang adapun bermacam-macam, dari ikan sapan, bagarius, peang, hampala, toman, tampahas dan baung. “Sampai saat ini, DAS Samba ini masih sangat terjaga oleh warga desa,” katanya

(Kawit)