Durian Kasongan Masih Diburu, Tersedia 500 Biji Per Hari

DURIAN KASONGAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Penjual durian kasongan di Jalan Tjilik Riwut Kasongan Lama, Kabupaten Katingan, Kalteng.

KASONGAN – Sejumlah penjual durian kasongan dadakan di Jalan Tjilik Riwut Kasongan Lama, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), masih bisa dijumpai. Sebab, hingga Juli ini dianggap masih musim durian.

“Masih musim durian diperkirakan sampai Agustus nanti,” kata Mira, seorang penjual durian di Kasongan Lama saat dibincangi wartawan media siber beritasampit.co.id, Selasa 14 Juni 2022.

Dia menuturkan, pasokan durian paling banyak berasal dari desa yang ada di Katingan, sehingga hampir setiap hari durian kasongan yang dijual di lapak pedagang tersedia cukup banyak.

“Kalau di lapak saya ini, durian kasongan yang dititipkan per hari bisa mencapai 500 biji, tidak hanya dijual langsung bahkan ada titipan untuk pelanggan,” ujar Mira.

Dia mengungkapkan bahwa pelanggan setia yang mampir ke lapaknya untuk membeli durian kasongan kebanyakan dari Sampit, karena letak lapak berada di pinggir jalan yang cukup strategis.

“Pembeli paling banyak dari Sampit, ada juga dari Palangkaraya, kadang-kadang ada juga dari kasongan lama, orang sini juga,” imbuhnya.

Terkait berapa banyak durian kasongan laku per hari, Mira menegaskan, per hari bisa mencapai 200 biji dan itu bisa lebih apabila pada saat menjelang libur yakni, Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Kalau harga jual bervariasi, yang sedang Rp 45 ribu per biji dan yang besar Rp 75 ribu per biji, yang murah itu Rp 100 ribu dapat 4 biji,” kata Mira.

Dia menambahkan, tahun ini merupakan cuan (untung) bagi pedagang durian kasongan, karena panen cukup banyak dibanding tahun sebelumnya.

(ifin/beritasampit.co.id).