Bagnaia Tercepat di Dua Sesi Latihan Bebas GP Belanda

Ilustrasi - Pebalap MotoGP dari tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia memacu motornya saat berlaga pada GP Italia 2022 di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (29/5/2022). Francesco Bagnaia menjadi yang tercepat saat melahap 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 18,923 detik. Dia diikuti oleh pebalap Yamaha, Fabio Quartararo di posisi kedua dengan margin 0,635 detik. ANTARA FOTO/REUTERS/Ciro De Luca/pras.

JAKARTA – Pebalap tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengklaim tempat teratas dalam catatan waktu setelah dua sesi latihan bebas Grand Prix Belanda pada Jumat 24 Juni 2022.

Menyusul hujan lebat saat sesi latihan pertama, cuaca cerah meliputi FP2 di Sirkuit Assen dan Bagnaia, yang berupaya menebus dua DNF beruntun, melesat sebagai yang tercepat dengan waktu 1:33,274 menggunakan ban slick Michelin.

Aleix Espargaro menjadi penantang terdekat sang pebalap Italia di posisi finis kedua, namun sang pebalap tim Aprilia mendapatkan penalti karena kedapatan melanggar regulasi teknis setelah motor RS-GP yang ia kendarai di sesi latihan kedua dipasangi water spoiler belakang ketika menggunakan ban kering di depan dan belakang.

Sang pebalap Spanyol, karena itu, terlempar ke peringkat ke-25 dari catatan waktu kombinasi dan akan memanfaatkan FP3 sebagai peluang terakhir mengamankan tempat di Q2.

Menyusul penalti tersebut, Fabio Quartararo naik ke posisi kedua dengan selisih 0,305 detik dari catatan terbaik Bagnaia.

Quartararo, yang memimpin klasemen 34 poin dari Espargaro, mengatakan ia tidak ingin tampil terlalu menekan saat hujan di FP1.

“Saya melihat hal itu sedikit membahayakan, saya tidak ingin berupaya mencetak lap tercepat di sesi pertama,” kata Quartararo dikutip AFP.

Sang pebalap Prancis menambahkan ia memiliki perasaan yang baik dengan motor Yamaha M1 dan yakin dapat bertarung untuk hasil yang baik di sirkuit di mana ia menang tahun lalu.

Alex Rins membawa Suzuki ke peringkat tiga dengan margin 0,559 detik, sedangkan Jack Miller, yang tercepat di aspal basah saat FP1, finis P4 di depan motor Suzuki kedua yang dikendarai Joan Mir.

Johann Zarco, yang berada di peringkat tiga klasemen, finis P9 tapi tetap percaya diri dapat lebih baik lagi pada Sabtu saat latihan terakhir dan kualifikasi.

“Saya masih memiliki peluang apapun kondisinya besok,” kata Zarco.

“Jika tidak, di kondisi kering akan ada Fabio dan Pecco, yang sedikit kesal karena terjatuh di Sachsenring.”

Sepuluh besar catatan waktu kombinasi setelah dua latihan:
1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) – 1:33,274
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0,305
3. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,337
4. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,559
5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,625
6. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,664
7. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,853
8. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) + 1,012
9. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 1,038
10. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™) + 1,042

ANTARA