Vaksinasi Anak di Banjarmasin Menyasar Puluhan Ribu Siswa Baru

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi siswa baru di Kota Banjarmasin, disalah satu sekolah, Minggu (26/6/2022). Antara/Sukarli

BANJARMASIN – Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ditingkatkan dengan menyasar puluhan ribu siswa baru, khususnya untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi di Banjarmasin, Minggu 26 Juni 2022, vaksinasi bagi siswa baru dilaksanakan hari ini, di mbeberapa sekolah, baik tingkat SD maupun SMP.

“Kemudian berlanjut ke sekolah lainnya, sebab jumlah siswa baru SD dan SMP sekitar 20 ribu,” ujarnya.

Sebagaimana dilaksanakan di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin, di Banjarmasin Utara, siswa baru diwajibkan mengikuti vaksinasi COVID-19, bagi yang memenuhi syarat kesehatan.

Menurut Nuryadi, siswa baru wajib mengikuti vaksinasi COVID-19 dan imunisasi untuk mengikuti pelajaran pada tahun ajaran baru tahun 2022/2023 secara tatap muka.

“Jika tidak mengikuti vaksinasi saat di sekolah, bisa dibawa ke puskesmas nantinya,” kata Nuryadi.

Dikatakan dia, siswa baru ditingkat SD pada tahun ajaran baru ini di Kota Banjarmasin sebanyak 12.468 orang.

Sementara itu, kata Nuryadi, untuk tingkat SMP di lima kecamatan sebanyak 9.358 orang.

Menurut dia, ribuan siswa baru dari tingkat SD dan SMP ini jadi sasaran vaksinasi COVID-19, untuk meningkatkan capaian vaksinasi bagi anak di daerah ini yang belum memenuhi target nasional.

Sebagaimana data Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, hingga kini capaian vaksinasi anak sebesar 42,26 persen untuk suntik dosis pertama.

Sementara itu, untuk capaian suntik dosis kedua baru sebesar 28,07 persen dari target capaian sebanyak 69 ribu sasaran anak.

Secara umum, capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin untuk suntik dosis pertama sebesar 94,64 persen, untuk capaian dosis kedua sebesar 76,47 persen dan capaian booster sebesar 22,38 persen dari target sasaran 516 ribu orang.

ANTARA