Ini Yang Ditampilkan Pemkot Palangka Raya pada Kalteng Expo 2022

Hardi/BERITA SAMPIT - Suasana pergelaran Kalteng Expo di stand Pemerintah Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang merupakan binaan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palangka Raya Alvina Fairid Naparin, menampilkan lima produk andalan sekaligus unggulan, yang ditempilkan pada Kalteng Expo 2022.

Lima produk itu meliputi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari berbahan dasar kayu, IKM kerajinan, IKM pangan, IKM sandang, serta terakhir IKM berbahan dasar logam, mesin, kimia, elektronika, alat pengangkut, dan aneka.

“Seperti pelaku usaha IKM khusus kayu yang terbina sebanyak 40 unit. Gudang Produksi dengan luas kawasan kurang lebih 14 Ha bertempat di Jalan Temanggung Tilung XVIII,” kata Ketua Dekranasda Kota Palangka Raya Alvina Fairid Naparin, saat di wawancara di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, Kamis 14 Juli 2022.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

Untuk IKM Kerajinan Rotan, Purun, Ukiran, Handy Craft dan lain-lainnya, sudah terbentuk sebanyak 23 sentra dari target 30 sentra sesuai jumlah Kelurahan lingkup Kota Palangka Raya. Untuk IKM pangan mulai dari olahan kopi, olahan manisan, kripik dan lainnya.

Untuk IKM Sandang yaitu Benang Bintik, kita ambil dari pelaku usaha binaan kita, dan begitupun juga untuk IKM berbahan dasar logam, mesin, kimia, elektronika, alat pengangkut, dan aneka.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Daerah untuk Menyinkronkan Program

“Secara Umum Jumlah Pelaku Usaha IKM di Kota Palangka Raya sekitar 4.133 Unit Usaha dengan Jenis Produk Unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM),” jelasnya.

Kalteng Expo, yang dilaksanakan di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya. Diikuti oleh berbagai perserta baik dari dalam dan luar Kota Palangka Raya.

(Hardi/beritasampit.co.id)