Sosialisasi Tertib Administrasi Harus Ditingkatkan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkaitnya untuk menggencarkan dan memperbanyak sosialisasi tertib administrasi bagi masyarakat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya tertib administrasi pada saat ini, khususnya untuk administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain-lain.

“Saya harap program-program seperti sosialisasi maupun penyuluhan yang berkaitan dengan tertib administrasi khususnya bagi masyarakat desa itu ditingkatkan. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi,” katanya, Rabu 20 Juli 2022.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Dinas PU Bersihkan Saluran Drainase Dalam Kota

Dijelaskannya, saat ini administrasi kependudukan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan dalam setiap pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi dan lain-lain memerlukan administrsi kependudukan.

“Misalnya ada bantuan BLT, maka harus punya KTP, memasukan anak sekolah harus punya akta kelahiran, mau melamar pekerjaan dan lain-lain, semua berhubungan dengan administrasi. Karena prosedurnya memang seperti itu,” ujarnya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Minta Sekda Tegur Kadis Perikanan

Maka dari itulah setiap lapisan masyarakat harus tertib administrasi. “Dan tugas kita adalah memfasilitasi mereka. Terlebih untuk masyarakat di wilayah pedesaan itukan masih banyak yang belum, entah itu karena ketidaktahuan, kendala jarak, biaya maupun lainnya, sehingga harus kita bantu. Kepada pemdes juga saya harap aktif untuk mendata warganya yang belum memiliki adminitrasi kependudukan,” pungkasnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)