Disdukcapil Kotim Turun ke Desa Untuk Pengurusan Data Kependudukan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Kotawaringin Timur, Agus Tripurna Tangkasiang.

SAMPIT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) gencar jemput bola di beberapa desa untuk perbaikan data kependudukan, terutama melakukan perekaman e KTP bagi pemula dan masyarakat yang belum melakukan perekaman.

Kegiatan itu, untuk memudahkan masyarakat yang jauh dari Kantor Disdukcapil Kabupaten Kotawaringin Timur dalam pengurusan administrasi kependudukan (adminduk).

“Membantu masyarakat dalam pelayanan perbaikan kartu keluarga, pisah KK bagi pasangan suami istri baru, penertiban akta kelahiran, perekaman e KTP yang langsung dicetak di tempat,” ujar Kepala Disdukcapil Kotim, Agus Tripurna Tangkasiang, yang ikut melakukan jemput bola di desa Hanjalipan Kecamatan Kota Besi melalui WhatsApp, Kamis 21 Juli 2022.

BACA JUGA:   IGTKI Kotim Bagikan Takjil ke Masyarakat di Jalan A Yani Sampit

Lanjut Agus, terkait data pemilih menjelang pemilu serentak yang akan dilaksanakan 14 februari 2024 mendatang, pihaknya selalu bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim untuk penyandingan data.

Untuk mendukung pihak tersebut, dalam melengkapi data kependudukan masyarakat, pihaknya sudah melakukan perekaman secara jemput bola di beberapa sekolah sebagai pemilih pemula. sehingga saat mendekati pelaksanaan pemilu dan pemutakhiran data di KPU betul-betul bersih.

BACA JUGA:   Jaksa Dilaporkan Diduga Lakukan Pelanggaran Hak Tersangka dan Penasehat Hukum

“Kami bekerjasama dengan KPU dalam menyandingkan data pemilih, untuk pemilih pemula, kami sudah melakukan perekaman KTP-El ke sekolah-sekolah,” pungkasnya. (Aib/beritasampit.co.id).