Mahasiswa KKN Bantu Masyarakat Buat Pakan Ikan dan Perawatan Fasilitas Peternakan

PERTEMUAN : IST/BERITASAMPIT - Foto bersama Babinsa, masyarakat dan peserta KKN Kebangsaan Desa Tamban Luar Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas.

KAPUAS – Peserta KKN Kebangsaan dari seluruh Indonesia mulai diturunkan ke lokasi di desa-desa yang telah ditentukan, Rabu 20 Juli 2022 kemarin. Salah satu lokasi adalah Desa Tamban Luar, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Masyarakat Desa Tamban Luar banyak yang bekerja sebagai petani dan peternak. Di desa tersebut terdapat beberapa peternakan ikan seperti ikan lele, ikan gabus, ikan patin, dan ikan nila.

Sekretaris Desa Tamban Luar, Rohan mengatakan, peternak ikan di Tamban Luar masih memanfaatkan pakan ternak kimia.

“Peternak ikan di desa kami ini masih memanfaatkan pakan ternak kimia,” kata Rohan

Sementara Ketua Kelompok KKN Kebangsaan desa Tamban Luar, Andrew mengatakan, ia bersama mahasiswa lainnya akan mencari solusi terhadap persoalan masyarakat berupa pemberian pakan ternak.

BACA JUGA:   Kemendes PDTT Bangun Demplot Peternakan di Desa Rawa Subur, Kapuas

“Ini merupakan perhatian kami untuk memberikan solusi terhadap persoalan peternak di Desa Tamban Luar,” kata Andrew mahasiswa UPN Veteran Jakarta dan wakil ketua Herman dari Universitas Palangka Raya saat melakukan kegiatan perdananya di desa tersebut.

“Beberapa solusi yang kami berikan adalah pakan ternak menggunakan maggot, dan solusi perawatan fasilitas ternak seperti perawatan kolam, sirkulasi air, dan sebagainya, tambahnya

Ia juga menyampaikan, mereka sebagai peserta berharap dengan dilaksanakannya KKN Kebangsaan ini, masyarakat Tamban Luar mendapatkan solusi dari permasalahan mereka di dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan adanya program kerja yang sudah disiapkan dapat menjadi solusi dan produksi desa dapat meningkat dan menambah pendapatan masyarakat desa Tamban Luar, tutupnya.

BACA JUGA:   Program Ekstensifikasi Kementan di Kapuas Sukses hingga Panen Raya

Untuk diketahui, KKN Kebangsaan tahun 2022 merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai mahasiswa diwajibkan untuk dapat mengimplementasikan ilmu ke dalam kehidupan masyarakat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat.

Dengan adanya KKN Kebangsaan mahasiswa dari segala penjuru Indonesia bersatu mengimplementasikan ilmu mereka untuk membantu membangun desa masing-masing di kabupaten kapuas dan kabupaten pulang pisau

Adapun Tema dari KKN Kebangsaan tahun 2022 di Kalimantan Tengah yaitu “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”. (Rahul/beritasampit.co.id)

(Visited 27 times, 1 visits today)