Keberadaan PKS Harus Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

Foto/IST: Ketua Fraksi PDI Perjuangan Paisal Darmasing (baju dan celana hitam) saat hadir dalam peresmian pabrik kelapa sawit di Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur

SAMPIT – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Paisal Darmasing menekankan kepada seluruh pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di daerah ini bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar usahanya.

Seperti saat ini yang dilakukan oleh pabrik kelapa sawit PT. PSP di Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Di mana saat dirinya hadir dalam peresemian itu mendapatkan laporan kalau perusahaan tersebut memberdayakan tenaga kerja lokal, selain itu juga mereka menggandeng warga setempat dalam hal kerjasama pembelian buah sawit melalui surat perjanjian kerja (SPK) dengan badan usaha milik desa (BUMDes).

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

“Di mana BUMDes mendapatkan keuntungan Rp 1 per kilogramnya dari setiap buah yang masuk, tentu ini menjadi contoh yang baik bagi PKS yang lain agar masyarakat dapat dibantu sesuai dengan yang telah disepakati bersama,” kata Paisal, Selasa 26 Juli 2022.

Paisal juga menyebutkan dengan hadirnya pabrik tersebut selain membantu masyarakar dalam hal kerjasama juga dapat menstabilkan harga buah kelapa sawit sehingga tetap berpihak kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Diingatkan Jangan Hanya Memikirkan Jalan Dalam Kota Saja

“Tidak ada lagi harapan kita monopoli harga itu, karena sudah ada pabrik yang siap menampung sawit dari petani,” kata Paisal.

Sebagai legilastor dari Dapil IV dirinya mengaku sangat mendukung hadirnya pabrik tersebut, karena keberadannya sudah lama dinantikan masyarakat.

“Selamat atas peresmian pabrik tersebut dan harapan kami bisa memberikan dampak yang positif bagi kemajuan daerah kita,” tandasnya.(naco)