BPBD Katingan Ingatkan Warga Cuaca Ekstrim

IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Kepala BPBD Katingan Roby, memimpin kegiatan laporan Sikronisasi Data Secara Online (PCare) Vaksinasi Covid-19 se-Kabupaten Katingan di Aula BPKAD Katingan.

KASONGAN – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengingatkan kepada lapisan masyarakat di daerahnya terkait cuaca ekstrim, yaitu curah hujan terlalu tinggi yang dapat memicu terjadinya bencana banjir.

“Terkait dengan kondisi cuaca atau iklim, menurut BMKG kita tetap memedomani Badan Meteorologi dan Giofisika, dan sesuai laporan yang disampaikan kepada kita ada prediksi sebenarnya untuk wilayah Kalteng termasuk Katingan ini, ” kata Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Roby.

Tapi memang kondisi itu, sebut Roby, dibarengi dengan angin yang cukup kencang. Sehingga, bisa saja peta satelit itu menyatakan bahwa hujan akan jatuh pada suatu tempat, namun karena angin akan bergeser.

Menurut Roby, tingginya intensitas hujan pada medio Awal Agustus 2022 mendatang itu dinilai hampir sama dengan yang terjadi pada banjir di Katingan tahun 2021 lalu. Tidak salah apabila di bagian selatan di Kalimantan ini ada daerah yang banjir, yaitu Kotabaru.

“Kita tetap menginformasikan bahwa saat ini masih dalam cuaca ekstrim, artinya suatu saat bisa saja terjadi curah hujan yang tinggi yang menyebabkan bencana banjir,” tandas Roby.

Untuk mengantisipasi itu, di samping memberikan informasi kerawanan bencana, pihaknya juga mempersiapkan beberapa perahu karet kepada sejumlah wilayah, seperti Kecamatan Marikit, Katingan Tengah, Pulau Malan dan lainnya. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir.

“Namun harus diingat juga bahwa sebenarnya mulai bulan Maret hingga September itu biasanya terjadi musim kemarau, yakni di bulan Juli dan Agustus,” imbuh Roby.

Sementara  beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Katingan kembali meninggi, termasuk sore hari ini. Hujan lebat disertai angin kencang dan guntur kilat terjadi di wilayah Kasongan dan sekitarnya

(Kawit)