Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan Pamerkan 100 Karya Bias Borneo

Ketua IPKS Muslim Anang memberikan keterangan kepada wartawan terkait pameran lukisan bertajuk "Bias Borneo", Kamis (18/8/2022). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

BANJARMASIN – Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) menggelar pameran lukisan bernama “Bias Borneo” pada 16-21 Agustus 2022 di Taman Budaya Banjarmasin dengan menampilkan 100 karya para seniman dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua IPKS Muslim Anang di Banjarmasin, Kamis 18 Agustus 2022, mengatakan 100 lukisan yang terpajang tersebut boleh dibeli para kolektor, sedangkan terkait dengan harga setiap karya bisa langsung negosiasi antara calon pembeli dengan pelukis.

“100 lukisan ini dari Kalsel sebanyak 35 dan 65 dari luar, terwakili oleh pelukis dari pulau-pulau di Nusantara. Kalau ada kolektor bisa dijual,” ujarnya.

Pameran seni lukis bertingkat nasional ini sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-72 Provinsi Kalsel dan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Karya para tokoh terkenal bisa ditemukan dalam pameran lukisan nasional itu, antara lain milik Misbach Tambrin, Nanang M. Yus. Karya seniman dari luar Kalsel, antara lain milik Djoko Pekik, Ahmad Muzayin, Agus Winarto, Arianto, Kadek Satria, Heri Kiswanto, dan Asri Ebhi Evolisa.

Ia mengatakan pameran “Bias Borneo” bisa disebut pameran lukisan terbesar di Kalsel karena diikuti para seniman dari berbagai pulau di Indonesia.

“Nama ‘Bias Borneo’ ini biar seni rupa dari Borneo membias ke mana-mana,” ujarnya.

Pada 2023, IPKS akan berkolaborasi dengan seniman di Bali untuk mengadakan pameran.

“Sebagai ajang silaturahmi dua etnik, nanti dilaksanakan di Bali,” ujarnya.

(ANTARA)