Sekda Katingan: Peringatan Hari Anak Nasional Pemicu Semangat Menjadikan Anak-anak yang Beriman, Cerdas dan Berkarakter

ANNAS/BERITASAMPIT - Sekda Kabupaten Katingan, Pransang, saat meninjau Lomba Mewarnai di Taman Hijau Kasongan.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) setempat rayakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN), di Taman Hijau Kota Kasongan, Jumat 26 Agustus 2022.

Kegiatan sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tersebut dibuka secara resmi Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang. Peringatan HAN ini dibarengi dengan lomba mewarnai Lomba Makan Kerupuk, serta lomba dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa dan negara khusus anak-anak TK di Kabupaten Katingan.

Sekda Katingan Pransang, mengatakan momentum peringatan Hari Anak Nasional dan HUT RI ke 77, diharapkan agar berbagai pihak baik dari pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa dapat bekerja sama bahu-membahu untuk mempercepat pemulihan ekonomi, tanggap dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

“Kami berharap kepada anak-anak kita  sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat menjadikan momentum yang dilaksanakan ini sebagai pemicu semangat ananda untuk menjadi anak-anak Katingan yang beriman, cerdas, sehat, unggul, dan berkarakter yang bersendikan kepada nilai-nilai Pancasila,” terang Pransang.

Lanjutnya, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak DP3AP2KB Katingan, UKM Kasongan Taman Hijau, Bank Kalteng, Kejaksaan Negeri Katingan beserta forum anak daerah atas segala dukungan, kerja sama dan partisipasinya dalam menyukseskan perayaan hari anak nasional.

Kepala Dinas P3A2KB Kabupaten Katingan Robertus Pamuryanto, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melaksanakan program yang baru salah satunya Unit Pusat Pembelajaran Keluara atau Puspaga.

“Kliniknya di Taman Cerdas dan buka setiap hari, jadi nanti siapa saja yang ingin konsultasi masalah keluarga berencana, pencegahan Stunting, Gizi, maupun dalam hal pencegahan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan,”singkatnya.

(annas)