Promosi Pariwisata Gencar dengan Manfaatkan Sistem Informasi

Sekda Kalbar Horisson, pada saat kegiatan Bimtek Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional di Pontianak (Rendra Oxtora)

PONTIANAK – Sekda Kalimantan Barat, Harisson mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan menggencarkan promosi pariwisata daerah dengan memanfaatkan sistem informasi baik yang terdapat di skala nasional maupun internasional.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan menggencarkan potensi potensi pariwisata nasional yang ada di kabupaten/kota Kalimantan Barat melalui sistem informasi. Kita akan gencarkan potensi potensi pariwisata yang ada di kabupaten dan kota di Kalbar secara terpadu, di mana pemasarannya akan kita masuk ke dalam sistem informasi agar lebih luas dan lebih gencar hingga nasional maupun internasional,” kata Horisson, pada saat kegiatan Bimtek Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional di Pontianak, Jumat 2 September 2022.

Horisson mengatakan melalui program inovasi Disporapar Kalbar yaitu, Mbak Kepo (MoBile Acceleration Kolaborasi Kepariwisataan, Ekraf, Pemuda, Olahraga) maka pemasaran pariwisata akan lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

“Kita juga sudah punya sistem informasi yang namanya Mbak Kepo, jadi melalui aplikasi itu bisa menjembatani pemasaran pariwisata nasional di Kalbar sehingga mudah di update atau di akses oleh masyarakat luas,” tuturnya.

Menurut Horisson, salah satu sektor yang banyak memiliki peluang pekerjaan sekarang adalah sektor pariwisata. Maka dari itu, Kalbar harus kembangkan dengan cara membangun sistem informasi.

“Kita ingin pendapatan ekonomi masyarakat dapat meningkat di Kalbar. Melalui sistem informasi yang kita punya sekarang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran, sehingga dapat terjadinya perputaran uang, meningkatkan pendapatan ekonomi di masyarakat, serta menekan angka pengangguran di Kalbar,” katanya.

Terkait hal tersebut, Horisson berharap dinas dinas pariwisata di kabupaten kota maupun provinsi dapat lebih jeli, bisa mengangkat sektor sektor pariwisata yang ada di Kalbar.

“Saya berharap dinas pariwisata lebih jeli lagi melihat potensi potensi pariwisata yang ada di Kalbar, kecil maupun besarnya pariwisata di daerah kita, saya harap dapat terangkat di nasional maupun internasional. Sehingga akan banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kalbar maupun kabupaten kota, ini sangat membantu ekonomi masyarakat kita,” katanya. (Antara).