Peringati HKGN 2022, Ratusan Pelajar Sikat Gigi Serentak

ANTARA/BERITA SAMPIT - Pengurus PDGI Ketapang, Kalbar, Senin (12/9/2022) membimbing 647 siswa siswi SDN 07 Delta Pawan cara menyikat gigi yang benar di halaman sekolah tersebut.

PONTIANAK – Sebanyak 647 siswa siswi sekolah dasar (SD) menyikat gigi serentak pada acara Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Ucup Supriatna.

“Semua peserta merupakan siswa siswi SDN (SD Negeri-red) 07 Delta Pawan dan acara dipusatkan di sini,” kata Ucup Supriatna di Ketapang, Kalimantan Barat, Senin 12 September 2022.

Dia berharap jika kegiatan itu bisa dilaksanakan lagi tahun depan agar pesertanya lebih banyak lagi, termasuk melibatkan siswa siswi dari banyak sekolah dan dipusatkan di satu tempat seperti halaman Kantor Bupati Ketapang.

“Harapan kita juga agar kegiatan seperti ini juga bisa dilaksanakan hingga di kecamatan tidak hanya di Kota Ketapang saja. Dinas Pendidikan akan selalu mendukung kegiatan PDGI (Persatuan Dokter Gigi-red) seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PDGI Cabang Ketapang, drg Didi Murtiadi menyatakan kegiatan menyikat gigi bersama ini untuk memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri), karena dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan mengusung tema “Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Bersama”.

Ia mengatakan dilaksanakan di SDN 07 Delta Pawan karena pihak sekolah siap dan muridnya banyak. “Tujuan kita untuk mengejar program bebas karies (kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi atau gigi berlubang-red) pada 2030,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan sosialisasi menyikat gigi ini dilaksanakan tiap tahun, bahkan ada dua program yakni HKGN dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).

“Hanya kalau BKGN dilaksanakan sesuai penunjukan Pengurus Besar PDGI. Jadi tidak semua cabang melaksanakannya, hanya yang ditunjuk saja,” katanya.

Didi mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan diri menyikat gigi dua kali sehari, sebelum dan setelah tidur. Kemudian memeriksakan gigi ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali.

Dia menambahkan, untuk program PDGI Ketapang hingga ke kecamatan-kecamatan di Ketapang belum ada. Lantaran terkait sumber daya manusia dan finansial untuk melaksanakannya.

“Tapi kalau ada sponsor misalnya perusahaan mau mengadakan kegiatan seperti ini, kemudian mau melibatkan PDGI Ketapang, kita siap. Tapi tentu tidak bisa mendadak, harus dijadwalkan dan direncanakan dahulu,” kata Didi Murtiadi.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pemkab Ketapang, Edi Radiansyah mengatakan kesehatan gigi dan mulut tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik secara umum, karena kondisi rongga mulut yang tidak bersih akan menyebabkan gigi mudah berlubang dan masalah lainnya.

“Kita semua harus sadar akan pentingnya menggosok gigi agar rongga mulut selalu bersih. Namun sangat disayangkan bahwa masih banyak yang menyepelekan dan kurang memperhatikan hal ini,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Ketapang mendukung penuh kegiatan sikat gigi bersama dalam rangka memperingati HKGN tahun 2022. Harapannya agar siswa siswi dapat memperhatikan bagaimana cara menyikat gigi secara benar.

Ia menambahkan pentingnya menjaga agar gigi dan mulut agar tetap sehat sejak dini juga untuk masa depan anak, terkadang hal penting seperti untuk mendapatkan pekerjaan diharuskan punya gigi yang sehat.

“Misalnya mau mendaftar pada instansi tertentu seperti anak ingin jadi TNI atau Polisi. Maka harus memiliki gigi yang bagus, tidak berlubang,” demikian Edi Radiansyah. (Antara).