Dewan : Warga Harus Jaga Drainase

IST/BERITASAMPIT - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery.

PALANGKA RAYA – Intensitas curah hujan di wilayah Kota Palangka Raya akhir-akhir ini masih dengan intesitas yang tinggi. Kondisi itu tentunya menimbulkan sejumlah dampak, salah satunya tidak lain adalah banjir.

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery mengatakan, pembangunan drainase yang dilakukan pemerintah saat ini sudah cukup baik. Dan tinggal bagaimana peran serta masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas tersebut.

Menjaga dan merawat bersama kebersihan serta fungsi drainase menjadi kunci penting untuk mencegah munculnya genangan air di lingkungan. Karenanya menjaga kebersihan dan fungsi drainase tersebut diperlukan dukungan dan peran serta masyarakat.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Terutama untuk terjun langsung membersihkan saluran drainase dari sampah-sampah yang dapat menganggu aliran air. Sebab dengan adanya dukungan terhadap keberlangsungan drainase, dirinya meyakini secara tidak langsung akan membantu pemerintah dalam penataan sistem irigasi perkotaan.

“Menjaga sistem dan fungsi drainase tentu memerlukan sikap gotong-royong. Ini harus dilakukan, terlebih Kota Palangka Raya sering sekali diguyur hujan,” katanya, Senin 19 September 2022.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Politisi Partai Golkar ini juga menilai sejauh ini Pemerintah melalui instansi terkaitnya telah berupaya mencegah terjadinya luapan air dari drainase yakni dengan secara berkala membersihkan drainase.

“Tentunya dengan pro aktifnya masyarakat menjaga kebersihan drainase akan lebih mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan drainase sebagai sarana irigasi dan mencegah genangan air di lingkungan, kita tidak boleh hanya mengandalkan pemerintah saja masyarakat juga memiliki peranan,” pungkasnya.

(im).