Penjabat Bupati Apresiasi Baksos Operasi Bibir Sumbing di RSUD Jaraga Sasameh Buntok

DEDDY/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana saat menyampaikan sambutannya di kegiatan Baksos operasi Bibir Sumbing.

BUNTOK – Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana apresiasi kegiatan Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat Barsel, yang dilaksanakan oleh Smile Train Indonesia yang bekerjasama dengan Yayasan Anugrah Sentosa dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok, pada Jumat, 23 September 2022 di RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Dikatakan Lisda Arriyana, sebenarnya target operasi bibir sumbing ini ditargetkan untuk 20 orang selama dua hari pelaksanaan. “Untuk Kabupaten Barsel sendiri, pasien bibir sumbing tidak banyak hanya diikuti sebanyak delapan orang saja dan sisanya adalah dari provinsi tetangga yakni Provinsi Kalsel,” katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel, ia mengucapkan terima kasih dengan dilaksanakannya kegiatan ini dan tentunya diharapkan pula di tahun-tahun mendatang kegiatan yang serupa maupun aksi baksos yang lainnya bisa dilaksanakan kembali.

“Kami juga mengakui bahwa Pemkab Barsel tidak mungkin bisa melaksanakan sendiri kegiatan ini tanpa adanya keterlibatan pihak swasta maupun masyarakat Kabupaten Barsel pada umumnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Satuan Linmas di Barsel Akan Diberikan Pelatihan Dalmas

Selain melaksanakan operasi bibir sumbing gratis juga diserahkan bantuan alat generator oksigen kolaborasi PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), GoTo, PT Indika Energy Tbk dan Indika Nature.

“Bantuan alat generator oksigen inipun kapasitasnya lebih besar yakni 25 meter kubik per jam yang mampu memproduksi 100 tabung per hari pada tabung 6 meter kubik,” ungkap Lisda Arriyana.

Dengan adanya bantuan oksigen generator ini diharapkan bisa mengakomodir untuk kabupaten-kabupaten lain di DAS Barito seperti Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kabupaten Murung Raya (Mura) dan Kabupaten Barito Utara (Barut).

“Yang tidak kalah pentingnya juga diharapkan sarana prasarana yang ada ada di RSUD Jaraga Sasameh Buntok ini dapat meningkatkan akreditasinya mudah-mudahan bisa terakomodir oleh Kementerian Kesehatan,” tukas Lisda Arriyana.

BACA JUGA:   Polsek Dusel Cek Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak

Sementara itu, Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok dr. H. Norman Wahyu mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis ini yang diprakasai oleh Smile Train Indonesia yang bekerjasama dengan Yayasan Anugrah Sentosa.

Tentunya aksi sosial ini sangat bermanfaat bagi pasien bibir sumbing khususnya di Kabupaten yang bertajuk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus. Begitu juga dengan adanya bantuan alat generator oksigen kolaborasi pihak PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), GoTo, PT Indika Energy Tbk dan Indika Nature yang berkapasitas besar ini.

“Diharapkan, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan di Kabupaten Barsel namun juga dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen dari rumah sakit yang lain,” pungkas Norman Wahyu. (Ded).

(Visited 83 times, 1 visits today)