Kata Ketua DPRD,  Pancasila Harus Dikenalkan pada Anak Usia Dini

IST/BERITASAMPIT -Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA – Anak-anak usia dini penting mengenali Pancasila, karena di dalam Pancasila terdapat nilai pengajaran yang tinggi mengenai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah serta Nilai Sosial.

“Dengan adanya pendidikan seperti itu anak-anak akan terdidik menjadi respek, berperilaku empati dan simpati di tengah kehidupan masyarakat yang beragam suku dan agama saat ini,” kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Pancasila menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) itu sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari suatu bangsa tentang nilai-nilai pancasila itu, jadi harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Tentunya dengan didikan serta mengenalkan anak tentang Pancasila sejak usia dini, ia meyakini pintu masuk doktrin-doktrin dari luar dapat terbendung sejak dini. Karena saat ini mulai muncul intoleransi, radikalisme dan politik identitas di tengah masyarakat umum.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, bersebrangan dengan nilai Pancasila harus diantisipasi oleh semua pihak. Kita tidak boleh diam, gelorakan semangat Pancasila untuk mengentaskannya,” tegas politisi partai berlogo banteng moncong pitih itu.

(im).