Hormati Korban Tragedi Kanjuruhan, UEFA: Seluruh Kompetisi Eropa Dimulai dengan Mengheningkan Cipta

Suporter sepak bola meletakkan atribut Arema saat mengikuti doa bersama bagi korban Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (3/10/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

JAKARTA – Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan akan melakukan aksi mengheningkan cipta selama satu menit pada seluruh kompetisi mereka pekan ini.

Pertandingan di Liga Champions, Liga Europa, Liga Conference Eropa dan play-off Piala Dunia Wanita dimulai dengan mengheningkan cipta untuk menghormati ratusan korban yang meninggal dari tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

“UEFA hari ini mengumumkan bahwa mengheningkan cipta akan diadakan sebelum kick-off untuk mengenang para korban peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia,” tulis UEFA dalam sebuah pernyataan di situs resmi mereka pada Selasa 4 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Kalahkan Juventus 1-2, PSG Melaju ke 16 Besar Liga Champions sebagai Runner-Up Grup H

Sebelum ini, liga-liga top Eropa menyampaikan duka cita atas Tragedi Kanjuruhan. Bentuk simpati diberikan mulai dari ban hitam hingga mengheningkan cipta sebelum laga.

Liga Belanda, Spanyol mengheningkan cipta sebelum kick-off. Sementara itu pemain-pemain Liga Premier Inggris mengenakan ban hitam di lengan untuk menghormati para korban.

Tragedi Kanjuruhan akhir pekan lalu memang menyita perhatian seluruh dunia.

BACA JUGA:   Qatar Kembali Telan Kekalahan di Fase Grup Piala Dunia 2022 usai diTekuk Senegal 1-3

Kerusuhan di Stadion Kanjuruuhan menjadi tragedi sepak bola terburuk kedua dalam sejarah karena menewaskan lebih dari 100 orang. Faktor utama yang mengakibatkan Tragedi Kanjuruhan memakan banyak korban adalah gas air mata.

Rata-rata penyebab kematian korban Tragedi Kanjuruhan adalah trauma di bagian kepala dan dada karena benturan yang disebabkan setelah terinjak, terjatuh, atau berdesakan.

(ANTARA)

(Visited 27 times, 1 visits today)