Ratusan Pecatur Ikuti Open Turnamen Catur dan Catur Stimulan

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi

PALANGKA RAYA – Ratusan pecatur mengikuti Open Turnamen Catur dan Catur Stimulan Kategori Umum dan Pelajar se-Kalteng yang digelar di Bandara Tjilik Palangka Raya, Sabtu 8 Oktober 2022, dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi mengatakan, bahwa Kejuaraan Catur di gagas langsung oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran.

“Beliau yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Percasi Kalteng, kemudian lahirlah kegiatan-kegiatan catur Pelajar yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng dan ini terlaksana setiap tahun,” ucapnya saat membuka turnamen catur.

BACA JUGA:   Bendie Siap Bertarung Pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Ia menambahkan, Dinas Pendidikan memberikan tempat kepada anak-anak Pelajar dan hobi catur yang tidak lain memberikan prestasi dan kebanggan daerah Kalteng dengan mottonya adalah Kalteng Makin BERKAH.

“Tentu ini sangat didukung oleh Gubernur, untuk itu kami berkomitmen yakni Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng tetap menyelenggarakan event catur tingkat SD, SMP, SMA yang kita agendakan setiap tahun. Sekali lagi ini menjadi tempat, wadah buat anak-anak Pelajar. Selamat bertanding kepada para peserta, hari ini nanti juga kita saksikan simultan antara Bapak Agustiar Sabran menghadapi beberapa orang-orang hebat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Turnamen Catur akan berlangsung selama dua hari, 8 – 9 Oktober 2022 dan berhadiah total puluhan juta rupiah.

Peserta yang mengikuti turnamen catur sangat antusias. Melalui kejuaraan ini setidaknya dapat menyalurkan minat atau bakat dan kemampuan pemain catur untuk meraih prestasi, sekaligus memberikan wadah kegiatan olahraga yang positif. (Hardi)