Peringati Hari Santri 2022, Mukhtarudin: Mari Jaga Kedaulatan NKRI

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin

JAKARTA– Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin menyampaikan selamat memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022.

Mukhtarudin pun mengajak seluruh santri di Indonesia, untuk menjadikan momentum peringatan hari jadi ini untuk mengedepankan semangat toleransi dan mewaspadai intoleransi melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai ideologi pemersatu bangsa.

“Saya mengajak seluruh santri di Indonesia selalu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI,” tandas Mukhtarudin, Sabtu, (22/10/2022).

22 Oktober disahkan menjadi Hari Santri Nasional sesuai Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

22 Oktober dipilih menjadi Hari Santri Nasional karena bertepatan dengan momen bersejarah bagi para santri, yang dianggap juga sebagai resolusi jihad.

BACA JUGA:   MK Perpanjang Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Hari Santri Nasional dapat dimaknai untuk mengingat, menghargai, serta mengapresiasi peran para santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi dengan adanya peringatan hari santri ini merupakan bentuk pengakuan negara atas kiprah santri sejak sebelum Indonesia merdeka,” imbuh Mukhtarudin.

Untuk itu, Politisi Dapil Kalimantan Tengah ini mengingatkan bahwa Hari Santri ini dijadikan sebagai salah satu momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang jasa para pimpinan pondok dan santri terdahulu.

BACA JUGA:   Teras Narang: Peran Generasi Muda Penting dalam Mengimplementasikan Nilai Kebangsaan

“Karena para santri terdahulu mereka telah ikut berjuang dan mempertaruhkan nyawa, harta, dan semua yang dimiliki demi kemerdekaan bangsa Indonesia,” beber Mukhtarudin.

Mukhtarudin berharap para santri di Indonesia bermartabat dan mampu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara melalui pengejawantahan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, yakni tidak hanya ahli ilmu agama saja, tetapi juga melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Selamat Hari Santri Nasional. Semoga apa yang menjadi harapan diperingati Hari Santri Nasional ini dapat dilakukan dengan baik demi terciptanya negara yang maju,” pungkas Mukhtarudin.

(adista/beritasampit)