Dewan Kalteng Minta Pemda Perhatikan Kesejahteraan Mantir Adat

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing berharap adanya perhatian pemerintah daerah (pemda) Provinsi Kalteng terhadap kesejahteraan mantir adat yang ada di wilayah provinsi Kalteng terutama di desa.

Ia menjelaskan, terkait kesejahteraan mantir adat, juga menjadi aspirasi yang disampaikan ketika pihaknya melaksanakan reses ke daerah-daerah di provinsi Kalteng, dan diharapkan hal itu bisa menjadi perhatian pemda.

“Mantir adat ini kan sebagai pembantu damang yang juga memiliki tugas dan fungsi serta peran, jadi kesejahteraannya juga penting untuk diperhatikan,” ucapnya melalui rilis yang diterima, Minggu 23 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Seperti halnya di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat pelaksanaan reses pihaknya beberapa waktu lalu masyarakat mengusulkan agar mantir adat yang ada supaya keberadaannya diperhatikan.

Perhatian yang dimaksud yakni dengan memberikan bantuan berupa honor dari pemda dan juga baju seragam mantir adat. Terkait honor ini salah satu yang penting, sebab dengan mendapatkan honor, maka mantir adat dapat bertugas dengan semangat dan maksimal.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

“Bukan berarti ketika tidak mendapatkan honor mantir adat tidak bekerja dengan baik, tapi honor ini diberikan agar mereka dalam bekerja bisa lebih semangat lagi dan ini juga sebagai bentuk penghargaan dari pemda, nah dengan begitu juga kesejahteraan mereka diperhatikan,” tandasnya. (Hardi)