Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid menyampaikan bahwa ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesejahteraan masyarakat dan kestabilan ekonomi daerah.

Oleh karena itu, ia mendukung upaya penguatan ketahanan pangan yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) di Kalteng.

“Kalteng merupakan salah satu provinsi dengan potensi pertanian yang cukup besar, sehingga penguatan ketahanan pangan sudah seharusnya menjadi prioritas,” ucapnya, Jumat 15 Maret 2024.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

Untuk memperkuat pangan daerah, tentu berbagai hal harua dilakukan baik itu meningkatkan produksi pertanian, diversifikasi produk pangan, pengembangan infrastruktur pertanian, serta pendampingan dan pelatihan bagi petani.

Selain itu, kerja sama antara pemerintah dengan para petani juga diperlukan, sehingga kedepannya diharapkan dapat tercipta penguatan pangan berkelanjutan, dan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kalteng secara optimal.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Ia menegaskan, pentingnya penguatan pangan, hal itu akan dapat memberikan dampak positif terutama dari segi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi daerah dan mengurangi ketergantungan dengan provinsi lain.

“Kita harus mampu mandiri pangan bahkan menjadi lumbung nasional, apalagi Kalteng ini digadang-gadang akan menjadi salah satu provinsi penyangga IKN di Kaltim, jadi potensi daerah harus dimaksimalkan pengembangannya,” pungkasnya. (Hardi)