Satpol PP Gumas Diminta Tingkatkan Kemampuan Optimal Bantu Kepala Daerah

M.SLH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat memberikan sambutan pada saat pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong mengharapkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengoptimalkan membantu kepala daerah.

Dirinya mengingatkan beberapa kepada anggota polisi pamong praja dalam menjalankan tugas, pertama, tidak mengutamakan atau mengedepankan kekerasan dalam menegakkan peraturan di daerah, ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan peraturan undang-undang atau peraturan daerah baik provinsi dan kabupaten.

“Jangan jadikan senjata sebagai wibawa mu, tetapi jadikanlah wibawa sebagai senjata mu, lakukan dan jalankan tugas secara tegas, profesional proporsional serta humanis,” kata Jaya Samaya Monong pada saat memberikan arahan pada pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas, Rabu 26 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Ini Harapan Bupati Gunung Mas usai Pengukuhan Pengurus KONI Periode 2024-2028

Selanjutnya, lakukan koordinasi dan komunikasi dengan rekan sejawat, pimpinan dan pejabat daerah, agar setiap jalankan keputusan dapat terorganisir dengan baik. Apabila tidak mampu melakukan hal yang sifatnya massal, maka harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Perkuat keberadaan Satpol-PP, baik kelembagaan nya maupun SDM, baik kualitas maupun kuantitas, untuk mengawal dan menegakkan Perda dalam lebih maksimal dan optimal, dalam rangka membantu tugas-tugas kepala daerah yang semakin berat,” tuturnya.

BACA JUGA:   Istri Agustiar Sabran Beri Sinyal Ingin Maju di Pilkada Gunung Mas

Lebih lanjut Jaya berpesan agar tingkatkan kemampuan dalam mengoptimalisasikan kemampuan dalam membantu kepala daerah, terhadap peningkatan profesionalisme dan kesigapan memberikan pertolongan kepada masyarakat.

“Sehingga dapat melaksanakan tugas ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat serta penegakan perda dalam perlindungan masyarakat secara baik dan berguna,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale).