30 Orang Panwaslu Kecamatan Dilantik, Bupati Minta Pahami Tupoksi

IST/BERITA SAMPIT- Ketua Bawaslu Kabupaten Murung Raya, H. Rudi Hartono saat melantik 30 anggota Panwascam.

PURUK CAHU- Sebanyak 30 orang panitia pengawas pemilu (panwas) kecamatan secara resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Murung Raya, H. Rudi Hartono yang berlangsung di Gedung DAD Murung Raya, Kamis 27 Oktober 2022 kemarin.

Dalam laporannya, Ketua Pokja seleksi pemilihan panwaslu kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Heti Helpinon dalam laporannya mengatakan jumlah yang dilantik menjadi panwaslu kecamatan sebanyak 30 orang untuk 10 kecamatan di Kabupaten Murung Raya.

“Tahapnya yang mendaftar ada sebanyak 122 orang, lolos seleksi berkas 118, lolos tes tertulis 60 orang yang yang berhasil lolos tes wawancara dan dilantik hari ini sebanyak 30 orang,” sebut Heti yang juga Koordinator Divisi SDM Organisasi Data dan Informasi pada Bawaslu Murung Raya.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Dikatakan Heti lagi, dalam menjalankan tugas sebagai panwaslu kecamatan, 30 orang tersebut bertugas selama 27 bulan mulai sejak dilantik sampai selesai tahapan pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Sementara Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M. Yoseph meminta agar Panwascam yang baru dilantik untuk paham tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) saat mengawasi jalannya pemilu serentak di tahun 2024 nanti.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Tugas dari Bawaslu secara berjenjang kebawah untuk mengawasi serta mengontrol dan mencegah pelanggaran, menegakkan demokrasi dari, oleh dan untuk rakyat serta memastikan pemilihan umum berjalan dengan asas langsung, umum, bebas dan rahasia,” ujar Perdie.

Dalam kesempatan tersebut, Perdie berpesan kepada panwaslu kecamatan yang baru dilantik agar bersiap dalam mengantisipasi potensi konflik dan pelanggaran pada pemilu tahun 2024 mendatang.

“Dalam mengahadapi pemilihan legislatif pada Februari 2024, Perdie juga berpesan agar panwaslu kecamatan mulai sekarang bersiap mental sebab yang dihadapi nanti ada ratusan orang calon legislatif dari puluhan partai politik,” pungkasnya. (Lulus).