Kalsel Puncaki Klasemen Sementara Pra Popnas dengan 4 Medali Emas

Petinju pelajar putri Kalsel yang meraih medali emas pada Pra Popnas zona III di Kalsel dari 25 Oktober hingga 2 November 2022 di Kalsel, Minggu (30/10/2022). ANTARA/HO

BANJARMASIN – Kontingen pelajar Provinsi Kalimantan Selatan sudah mengumpulkan empat medali emas pada Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III tahun 2022 di Provinsi Kalsel.

“Kalsel puncaki klasemen sementara perolehan medali emas,” ujar Ketua Panitia Pra Popnas zona III tahun 2022 di Kalsel, Fitri Hernadi di Banjarmasin, Kalsel, Minggu 30 Oktober 2022.

Menurut dia, empat medali emas yang didapat kontingen Kalsel berasal dari cabang olahraga tinju.

Dua petinju Kalsel di antaranya yang meraih medali emas adalah Sopana Anandalia yang turun di kelas 50kg dan Belandina yang turun di kelas 60kg.

Menurut dia, Kalsel bisa mendulang banyak medali di cabang olahraga tinju ini karena menurunkan 10 petinju, bahkan lima di antaranya masuk final hingga meraih medali emas tersebut.

Menurut Fitri, selain cabang olahraga tinju, Kalsel juga memiliki potensi untuk menambah pundi-pundi medali emas di cabang olahraga pencak silat.

“Karena ada beberapa atlet juga yang masuk final dan semifinal,” tuturnya.

Selain itu juga, kata Fitri, untuk cabang olahraga takraw Kalsel juga masuk final.

Sementara itu, katanya lagi, untuk cabang olahraga sepak bola Kalsel juga melaju ke semifinal.

“Tim voli putri Kalsel juga masuk semifinal,” ujar dia.

Sementara itu, kata pria yang menjabat Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel ini, untuk cabang olahraga basket, kontingen putra dan putri Kalsel berat untuk menuju final

Demikian juga, kata dia, untuk tim bulu tangkis putri Kalsel.

“Tapi kita optimis dengan semangat juang para atlet Kalsel, bisa mempertahankan peringkat pertama perolehan medali emas hingga akhir Pra Popnas zona III ditutup pada 1 November 2022,” ujar Fitri.

Sementara itu, kontingen lainnya, dari tujuh provinsi, kontingen Kalimantan Tengah, Jawa Tengah dan Bali masing-masing baru meraih satu medali emas.

Adapun peserta Pra Popnas zona III ini adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan adalah bola basket, bola voli, bulu tangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis dan tinju.

Untuk arena pertandingan tersebar di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Pra Popnas ini menjadi ajang seleksi untuk para atlet menuju Popnas ke-16 tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

(ANTARA)