DPRD Berharap Panwascam Sosialisasikan Aturan Pemilu kepada Masyarakat

DEDDY/BERITA SAMPIT: Ketua DPRD Barsel HM. Farid Yusran saat diwawancarai awak media usai menghadiri pelantikan anggota Panwascam.

BUNTOK – Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang baru dilantik diharapkan mensosialisasikan tentang aturan-aturan pemilu kepada masyarakat di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan oleh, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel HM. Farid Yusran usai menghadiri acara pelantikan 18 anggota Panwascam setempat beberapa hari yang lalu.

“Panwascam kalau diibaratkan dalam sebuah pertandingan olahraga mereka adalah sebagai wasit oleh karena itu sebagai wasit harus mengetahui juga tentang aturan pemilu bagaimana, mengetahui apa hak dan kewajiban masyarakat termasuk apa larangan serta sanksinya,” katanya.

“Oleh karena itu, kepada seluruh anggota Panwascam yang telah dilakukan pengambilan sumpah dan janji ini diharapkan untuk bisa mensosialisasikan tentang aturan-aturan pemilu kepada masyarakat di seluruh wilayah Barsel,” imbuhnya.

Sosialisasi aturan pemilu kepada masyarakat, menurutnya, karena terkadang masyarakat sering kali lupa dengan aturan-aturan tentang pemilu sehingga harus sering diingatkan oleh anggota Panwascam agar benar-benar memahami terkait aturan pemilu tersebut.

“Dengan tujuan agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” jelasnya.

Lebih lanjut Ketua DPRD Barsel ini mengucapkan, selamat kepada 18 anggota Panwascam yang telah dilakukan pengambilan sumpah dan janji ini oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

“Selamat menjalankan tugas, dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab,” pungkas HM. Farid Yusran. (ded)