Ekonomi Pekerja di Gunung Mas Terbantu dengan Program BSU Pemerintah

Vina, seorang pegawai honorer BKAD Kabupaten Gunung Mas, saat menerima BSU yang disalurkan melalui Kantor Pos Kuala Kurun, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/Chandra

PALANGKA RAYA – Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) program pemerintah senilai Rp600 ribu per orang, mampu meringankan beban ekonomi pekerja di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah.

“BSU sangat membantu meringankan beban di tengah terjadinya kenaikan harga. Siapa yang tidak senang dikasih uang, apalagi di tengah terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok,” kata seorang penerima BSU, Vina usai menerima bantuan subsidi di Kantor Pos Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu 5 November 2022.

Pegawai honorer di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gumas itu mengatakan, awalnya dia merasa bingung karena tak kunjung menerima BSU. Sementara sejumlah rekan pegawai di tempatnya bekerja telah menerima BSU beberapa waktu lalu, yang ditransfer ke rekening mereka masing-masing.

“Ternyata ada yang disalurkan langsung ke rekening dan ada yang melalui Kantor Pos. Saya masuk kategori yang disalurkan melalui Kantor Pos, dan hari ini sudah saya terima,” kata Vina.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Pemkab Gunung Mas Buka Pasar Penyeimbang di Beberapa Tempat

Senada, dengan VIna, Mei Ming, seorang pegawai honorer di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gunung Mas juga mengaku sangat terbantu, dengan adanya BSU senilai Rp600 ribu dari pemerintah pusat.

“Bantuan dari pemerintah ini sangat membantu. Memang sekarang apa-apa serba naik, contohnya sembilan bahan pokok. Jadi bantuan ini sangat meringankan beban kami yang menerima,” katanya.

Sementara itu, Kantor Pos di wilayah Gunung Mas juga menyalurkan BSU program pemerintah pusat kepada 3.154 pekerja yang memenuhi kriteria, seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022.

Pejabat sementara Kepala Kantor Pos Kuala Kurun, Jembi mengatakan, ke 3.154 pekerja tersebut merupakan pegawai swasta maupun pegawai honorer di berbagai instansi yang ada di Gunung Mas.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Kembali Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

Penyaluran BSU dilakukan di Kantor Pos yang ada di wilayah Gunung Mas yakni Kantor Pos Kuala Kurun, Sepang Simin, Tumbang Jutuh, Tumbang Talaken, Tewah, dan Tumbang Miri.

Jajaran Kantor Pos di Kabupaten Gunung Mas, seperti Kantor Pos Sepang Simin dan Kantor Pos Tumbang Jutuh, pada Jumat (4/11) mulai menyalurkan BSU. Kemudian untuk Kantor Pos Kuala Kurun penyaluran BSU dimulai pada 5-11 November 2022.

Dia menyebut, khusus Kantor Pos Kuala Kurun telah dibuat jadwal penyaluran BSU, karena sebagian besar pekerja yang menerima bantuan tersebut adalah pegawai honorer dari berbagai instansi.

“Kantor Pos Kuala Kurun menyalurkan BSU untuk 1.381 pekerja, baik itu pekerja swasta, honorer, dan ada juga aparat desa. Dengan penjadwalan yang sudah tersusun, maka diharap penyaluran BSU dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar,” kata Jembi.

(ANTARA)