Produk UMKM Katingan di Dorong Naik Kelas Hingga Mampu Ekspor

IST/BERITA SAMPIT - Para peserta antusias mengikuti kegiatan pengembangan usaha UMKM di Katingan.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan bekerjasama dengan Kemeterian Koperasi dan UKM Republik Indonesia terus memacu perkembangan wirausaha.

Hal ini sejalan dengan salah satu Program Nawa Cita yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama, dan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

“Mengingat Kabupaten Katingan memiliki banyak sekali pelaku-pelaku usaha baik bergerak di bidang kuliner maupun olahan sendiri atau produksi dan kerajinan tangan, maka kegiatan seperti ini sangat penting untuk perkembangan UMKM,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan Henni melalui Sekdisnya Normakia. Rabu 16 November 2022.

Dia menyampaikan hal itu saat membuka acara peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro serta kapasitas dan kompetensi SDM usaha mikro dan kewirausahan yang digelar selama 3 hari dari tanggal 16-18 November 2022.

BACA JUGA:   Warga Curhat ke DPRD Katingan Soal pasien BPJS Dipulangkan dari Rumah Sakit Sebelum Sembuh

Dia optimis pelaku UMKM mampu mengikuti perkembangan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar daerah maupun luar negeri, dimana pada era globalisasi dan pasar bebas banyak produk luar yang akan memenuhi pasar sehingga akan semakin menyulitkan pelaku usaha dalam berkembang.

“Kami berharap pelaku Usaha kedepannya bisa lebih baik lagi dan bisa naik tingkat dari mikro ke kecil dan seterusnya hingga besar, jangan hanya nyaman menjadi pengusaha mikro atau kecil, kita harus terus semangat sehingga bisa menjadi pengusaha besar dimana nantinya dapat membuka peluang kerja, menyerap banyak tenaga kerja, mengurangi pengangguran bagi masyarakat di Kabupaten Katingan,” harapnya.

Produk dari pelaku UMKM Kabupaten Katingan diyakini mampu bersaing ke daerah lain baik keluar Kabupaten Katingan, ke Luar Provinsi Kalimantan Tengah hingga mampu ekspor ke luar negeri.

BACA JUGA:   Warga Curhat ke DPRD Katingan Soal pasien BPJS Dipulangkan dari Rumah Sakit Sebelum Sembuh

“Mungkin saat ini, itu hanya mimpi, tapi dengan kerja keras dan tak lepas dengan doa itu bukanlah hal yang tidak mungkin terwujud,” tandasnya.

Ketua panita Rahmad Junimulyono Rahmali menuturkan kegiatan yang digelar di Aula Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang PUPR Kabupaten Katingan ini diikuti 30 peserta perwakilan 7 kecamatan.

Selama kegiatan peserta akan menerima berbagai materi seperti Strategi Membangun Usaha dari Pinggiran,Strategi Branding agar Trending, Buku Keungan yang baik Investor tertarik dan Motivasi Kewirausahaan.

“Instruktur pada kegiatan ini verasal dari Palangka Raya dan Katingan yaitu Saudara Muhammad Asary dan Genjadid Utomo yang merupakan praktisi pelaku usaha yang berasal dari A’LONG GROUP dan BAJAKAH,”pungkasnya.

(Kawit)