Sekda Kalteng: Wirausaha Merupakan Motor Penggerak Dalam Pembangunan

HARDI/BERITA SAMPIT - Sekda Kalteng Nuryakin saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) daerah perencanaan pusat dan daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 merupakan forum yang sangat strategis untuk membangun, meningkatkan dan memperkuat sinergitas, serta kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam kerangka integrasi, sinkronisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Sekda Kalteng Nuryakin saat memberikan sambutan di acara Rakor) daerah perencanaan pusat dan daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 16 November 2022.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Akan Salurkan Bantuan Sembako Gratis, Sugianto Sabran: Harus Sampai Kepada Orang yang Berhak Menerima

“Wirausaha merupakan motor penggerak dalam pembangunan negara dalam hal memajukan ekonomi bangsa dan negara, meningkatkan taraf hidup masyarakat, ikut mengurangi pengangguran serta mampu membantu mengentaskan kemiskinan, oleh karena itu saya berharap workshop ini juga bisa bermanfaat bagi bagi Wirausaha Pemula Bagi Masyarakat dan Mahasiswa,” katanya.

Pemerintah Pusat dan Daerah perlu untuk terus memantapkan koordinasi dalam rangka mendorong efektivitas kegiatan prioritas nasional, unggulan dan strategis, antara lain seperti penataan kelembagaan, pengawasan dan pengembangan koperasi serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi melalui pendidikan dan pelatihan perkoperasian dan juga pelatihan kewirausahaan.

BACA JUGA:   Seorang Pengendara Motor di Katingan Diduga Jadi Korban Tabrak Lari Truk Bermuatan

Kata Sekda, anggota koperasi sebagian besar juga pelaku UMKM. Pengembangan Koperasi dan UKM harus terus didukung bersama dengan memfasilitasi, memberdayakan, dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan, sehingga akan mengangkat perekonomian daerah sesuai tema Rakorda kali ini.

“Karena koperasi dan UMKM adalah pilar penting untuk membangun perekonomian, baik nasional maupun daerah,” lugasnya. (Hardi).