Tanamkan Pendidikan Berkarakter, Setiap Jumat MIN 1 Sampit Gelar Salat Dhuha Berjamaah

IST/BERITA SAMPIT - Para Guru, staf, karyawan serta seluruh siswa MIN 1 Sampit, sedang berdoa usai melaksanakan salah dhuha berjamaah, yang merupakan kegiatan rutin sekolah tersebut setiap hari Jumat. Jumat 18 November 2022.

SAMPIT – Pembinaan karakter terhadap anak merupakan tanggung jawab kita bersama, terlebih di dunia pendidikan, guru memiliki peran penting terhadap diri anak didiknya. Kepribadian mereka untuk menjadi baik harus kita tanamkan melalui pembiasaan dan kegiatan yang positif.

Seperti yang dilakukan oleh Madarasah Ibtidaiyah Neger (MIN) 1 Sampit ini yang selalu mengajak anak didiknya melakukan salat dhuha bersama pada setiap hari jumat.

Kepala MIN 1 Sampit Noor Syaifullah mengatakan, pembinaan karakter melalui kegiatan salat dhuha ini dilakukan dalam rangka mengajarkan pembiasaan terhadap siswa.

Salat dhuha berjamaah ini juga dilaksanaan secara bersamaan baik dari dewan guru, staf tata usaha, seluruh karyawan-karyawati serta para murid dari kelas satu sampai kelas enam.

BACA JUGA:   SMP Negeri 2 Sampit Bagikan Takjil untuk Masyarakat

“Salat dhuha ini kita laksanakan setiap pagi Jumat, dari mereka datang sudah kita susun dan kita kumpulkan, kemudian pukul 6.30 WIB kita mulai kurang lebih 10 sampai 15 menit saat dhuha, Setelah itu kita dzikir, doa dan tausiyah singkat bergantian dari bapak maupun ibu gurunya,” kata Syaifullah.

Dia berharapan, kegiatan ini salah satu pendidikan berkarakter buat anak dalam hal membiasakan untuk salat di pagi hari sesuai dengan waktu salat dhuha.

“Insya Allah salat dhuha banyak bermanfaat bagi kehidupan anak didik kita, yang pasti minggiring kepada berbuat iman dan ketakwaan yang kita awali di pagi hari,” ucapnya

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

“Selain itu, tentunya dengan salat dhuha segala aktivitas kita itu menjadi mantap dan nyaman, insya allah sukses dalam keyakinan terutama dalam hal mengenai rezeki,” sambungnya.

Syaifullah menambahkan, salat dhuha yang menjadi agenda rutin setiap hari Jumat oleh MIN 1 Sampit ini, mendapat sambutan luar biasa baik dari para siswa maupun orang tua murid.

“Animo anak-anak kita sangat luar biasa, mereka senang sekali ketika kita ajak. Terutama orang tua sangat luar biasa mendukung kita sepenuhnya dengan adanya kegiatan ini,” tandasnya. (ilm)