Begini Tujuan Menparekraf Dukung Festival Akbar Tahunan IdeaFest 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam (kiri) dan Chief Marketing Officer Samara Group, Desy Bachir foto bersama dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Jakarta, Selasa (22/11/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf.

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung perhelatan IdeaFest 2022 yang merupakan festival akbar tahunan dengan tujuan menghubungkan sekaligus mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif berpengaruh.

“Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create,” ujarnya Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jakarta, Selasa 22 November 2022.

Dia mengharapkan IdeaFest 2022 bertema “Reality Re:defined” dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya, untuk terus mengembangkan karya dan inovasi terbaik mereka.

“Saya sudah terlibat dari tahun pertama IdeaFest, dan saya ingin ke depannya IdeaFest secara strategis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Saya ingin kita kolaborasi dengan IdeaFest,” ucap Menparekraf.

Sandiaga berpesan agar protokol kesehatan dijaga dalam pelaksanaan IdeaFest 2022 dengan memastikan semua proses untuk mengadakan festival tersebut memperoleh panduan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga kegiatan itu tak over crowd.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menyatakan ada sejumlah topik yang dibahas dalam IdeaFest 2022, salah satunya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait pembiayaan berbasis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau IP Base Financing.

BACA JUGA:   Ribuan Desa Belum Teraliri Listrik, Mukhtarudin: 79 Tahun Merdeka, Rakyat Masih Hidup Dalam Kegelapan

“Akan ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut. Yang lain juga ada beberapa nanti event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest,” kata Neil.

Dalam kesempatan yang sama Chief Marketing Officer (CEO) Samara Group Desy Bachir menerangkan IdeaFest 2022 hadir kembali secara luring setelah sempat terdampak akibat pandemi COVID-19.

Ajang tersebut akan berlangsung pada 24 – 27 November di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, dengan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda.

“Biasanya, kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner. Seperti komedi festival (bekerja sama) dengan Majelis Lucu Indonesia,” ungkap Desy.

Setiap tahun IdeaFest disebut selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Di tahun 2022, IdeaFest secara khusus menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton. Seniman Jepang tersebut telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khasnya sendiri atau yang dikenal dengan “Superflat”.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global.

Menariknya, lanjut dia, IdeaFest menyajikan proyek Clone X – X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022. Untuk pertama kalinya, IdeaFest menghadirkan host berupa meta human (manusia virtual) bernama drea dan droid karya Takashi Murakami.

IdeaFest juga menawarkan ratusan sesi Talks and Conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable, kuliner, dan musik. Ada lebih dari 180 pembicara seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Hamish Daud, Dipha Barus, Iyas Lawrence, Fellexandro Ruby, hingga Afutami. (Antara).