Sembilan Wilayah di Kaltim Diprakirakan Diguyur Hujan pada Sabtu-Minggu

Informasi prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Sabtu-Minggu yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (25/11) (Ist/HO BMKG Balikpapan)

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sembilan wilayah (kabupaten/kota) di Kalimantan Timur mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu-Minggu (26-27/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

“Kondisi ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Jumat 25 November 2022.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalkan dampaknya ke masyarakat.

Ia menyebutkan dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Balikpapan yang tidak mengalami hujan lebat maupun hujan petir, namun di kota ini terjadi hujan ringan pada Sabtu sekitar pukul 11.00, 14.00, 23.00 Wita hingga Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita.

Untuk Kota Samarinda pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita, diprakirakan hujan lebat hingga hujan petir merata pada 10 kecamatan, pada Minggu dini hari hujan ringan merata di Samarinda.

Di Kota Bontang pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan, kemudian Minggu dini hari, semua kecamatan di kota ini diprakirakan terjadi hujan petir.

Kabupaten Penajam Paser Utara hujan lebat hingga hujan petir, diprakirakan terjadi sekitar pukul 23.00 Wita hingga Minggu dini hari di Kecamatan Waru dan Babulu.

Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir berpotensi terjadi pada pukul 20.00 dan 23.00 Wita di Kecamatan Long Bagun, Long Hubung dan Kecamatan Laham.

Di Kabupaten Kutai Barat sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Penyinggahan dan Tering.

“Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Melak, Muara Pahu, Nyuatan dan Kecamatan Sekolaq Darat,” ujar Ilham.

(ANTARA)