Peluang Argentina ke Babak 16 Besar Terbuka usai Kalahkan Meksiko 2-0

Kapten timnas Argentina Lionel Messi merayakan golnya bersama rekan-rekan satu timnya, Julian Alvarez, Angel Di Maria, Nahuel Molina dan Enzo Fernandez, dalam pertandingan Grup C antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail, Qatar, 26 November 2022. (REUTERS/PEDRO NUNES)

JAKARTA – Gol Lionel Messi dan pemain pengganti Enzo Fernandez membawa Argentina menaklukkan Meksiko 2-0 yang sekaligus menghidupkan peluang Albiceleste lolos ke babak knockout setelah dikalahkan Arab Saudi dalam pertandingan pertama.

Bertanding di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, melawan Meksiko pada pertandingan keduanya di Grup C, Minggu 27 November 2022 dini hari WIB, Argentina tampil jauh lebih klinis dan lebih tangguh dibandingkan dengan saat menghadapi Saudi. Mereka kembali ke status favorit kuat juara dunia.

Messi menjadi bintang dalam pertandingan ini yang selain mencetak satu gol, juga membuat assist untuk gol kedua Argentina dalam pertandingan ini.

Messi juga menghidupkan asanya menyamai pencapaian legenda Diego Maradona dalam menjuarai Piala Dunia.

Peraih Ballon d’Or tujuh kali itu sudah menyamai rekor gol Maradona dalam Piala Dunia dengan delapan gol dan rekor penampilan 21 kali bersama timnas negeri itu.

Argentina kini di bawah Polandia dengan tiga poin dalam klasemen Grup C karena menang selisih gol dari Arab Saudi yang mengalahkannya dalam pertandingan pertama.

Argentina memimpin 1-0 pada menit ke-64 ketika Messi melepaskan tendangan menyusur dari luar kotak penalti setelah meneruskan operan silang dari Angel di Maria.

Kiper Meksiko Guillermo Okocha tak mampu mencegah bola kiriman Messi ini yang masuk ke sudut kiri gawangnya setelah melewati hadangan para pemain belakang Meksiko.

Tiga menit sebelum waktu normal usai giliran Enzo Fernandez yang masuk pada babak kedua menggantikan Guido Rodriguez, yang mencetak gol dari tendangan diagonal yang keras nan indah, juga dari luar kotak penalti.

Didahului dari sebuah sepak pojok, Messi mendapatkan bola yang dikirim pelan dari sepak pojok.

Dia melalui dan meneruskannya kepada Fernandez yang membawa bola satu dua langkah untuk kemudian dia tembakkan ke sudut atas kanan gawang Meksiko yang tak bisa dihentikan Okocha.

Pertandingan ini berjalan relatif didominasi Argentina yang menguasai 58 persen penguasaan bola.

Argentina unggul dalam penciptaan peluang dengan melepaskan enam upaya gol yang tiga di antaranya tepat sasaran, sedangkan Meksiko menciptakan empat peluang yang satu di antaranya tepat sasaran.

Argentina bisa memastikan tempatnya dalam babak 16 besar jika mengalahkan Polandia dalam pertandingan terakhirnya pada fase grup pekan depan. Sebaliknya Meksiko masih berpeluang ke 16 besar jika mengalahkan Arab Saudi dalam pertandingan terakhirnya pada fase grup dalam hari yang sama.

Sampai 26 November ini baru Prancis yang memastikan lolos ke 16 besar, sedangkan tuan rumah Qatar hampir pasti tersingkir dari Piala Dunia pertamanya ini.

(ANTARA)