Jaminan Kesehatan dan Ekonomi Karyawan Perusahaan Harus Diperhatikan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko.

KUALA PEMBUANG – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bambang Yantoko menginstruksikan kepada seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Seruyan agar bisa terus memperhatikan dan menjamin kesejahteraan para karyawan yang ada di perusahaannya masing-masing.

Ia mengatakan, seluruh karyawan yang ada diperusahaan harusnya benar-benar bisa dijamin dan diperhatikan kesejahteraan karyawannya, baik itu dari segi jaminan kesehatan, ketenagakerjaaan, maupun jaminan ekonomi sesuai dengan kinerja mereka.

Menurutnya, keberadaan PBS haruslah benar-benar bisa memberikan efek nyata terhadap perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terlebih bagi para karyawan lokal yang ada di perusahaan setempat.

“Kami instruksikan kepada seluruh PBS yang beroperasi di wilayah Kabupaten Seruyan agar bisa memperhatikan dan menjamin kesejahteraan karyawannya, baik itu jaminan kesehatan hingga jaminan ekonomi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya, Minggu, 27 November 2022.

Ia menjelaskan, selama ini memang masih ada laporan-laporan dari masyarakat terkait dengan segala pemenuhan hak dari para karyawan serta sejumlah masalah yang berkaitan dengan hal tersebut oleh PBS.

Maka dari itu, kedepan ia mengharapkan agar jangan sampai ada lagi laporan-laporan serta keluhan dari masyarakat terkait dengan masalah pemenuhan hak karyawan oleh PBS dan terkait hal tersebut hendaknya bisa benar-benar disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

“Dengan adanya PBS memang membuka banyak lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, dan tidak bisa dipungkiri kita memang membutuhkan peran serta dari PBS terkait hal tersebut, makanya saya harapkan kedepan PBS bisa benar-benar memperhatikan kesejahteraan karyawannya,” ungkapnya.