Program Transmigrasi Fokus Revitalisasi Kawasan Eksisting

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (tengah) melakukan jalan sehat pada Hari Bakti Transmigrasi bersama seluruh jajaran Pejabat tinggi madya dan pratama, serta seluruh Pegawai di lingkungan Kemendes PDTT di Jakarta, Jumat (2/11/2022). (ANTARA/HO-Kemendes PDTT).

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menekankan bahwa program transmigrasi saat ini fokus pada revitalisasi kawasan eksisting.

“Atas dasar itu dalam beberapa tahun ini kita tidak membuka kawasan baru, karena kita mengoptimalkan kawasan yang sudah ada,” ujar Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Menurutnya, mengoptimalkan kawasan eksisting adalah langkah taktis untuk pencapaian tujuan utama transmigrasi yaitu pemerataan pembangunan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Minta Permen ESDM Nomor 15 Tahun 2022 Ditinjau Kembali

“Ini yang kita lakukan sebagai bentuk upaya untuk terus menggalakkan pemerataan pembangunan melalui program transmigrasi yang tentu kita terus melakukan perbaikan-perbaikan,” kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Ia mengemukakan, untuk membuka kawasan baru transmigrasi, harus melalui beberapa analisis, termasuk akses yang bagus serta penanganan lahan agar transmigran nantinya mampu mengelola dengan cepat dan mudah.

Analisis tersebut di antaranya mempertimbangkan percepatan penyiapan dan pembangunan lahan transmigrasi untuk menghemat waktu, efisiensi anggaran, dan optimalisasi peningkatan SDM.

BACA JUGA:   RUU Ciptaker Dongkrak Transformasi Perekonomian Nasional

“Sehingga ada paradigma baru, ada manajemen baru yang hari ini sudah memasuki tahapan finishing atau penetapan,” tuturnya di sela acara jalan sehat pada Hari Bakti Transmigrasi.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan bahwa puncak seremonial Hari Bakti Transmigrasi bakal digelar di Merauke, Papua Selatan pada tanggal 12 November 2022 mendatang.

“Tanggal 12 Desember nanti kita akan melaksanakan upacara Hari Bakti Transmigrasi di Merauke,” ujarnya. (Antara).