Moto CSR CBI Group ‘Karya Nyata Untuk Negri’ Terus Berlanjut Bidik Para Pelaku UMKM di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Inilah para pembimbing Bimtek Penguatan dan Strategi Marketing UMKM pada Program Kelompok Tani Kopi di Desa Talio Hulu, Kabupaten Pulang Pisau yang digelar Disperindagkop UKM bekerjasama dengan PT. Borneo Sawit Gemilang - CBI Group sekaligus launching produk Kopi Tahulu, Senin, 29 November 2022.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior di Kabupaten Kobar)

Bagian 03 (Selesai)

(Alinea terakhir Bagian 02)…Progam pembinaan UMKM mulai  dibuka PT. Borneo Sawit Gemilang yang terafiliasi dengan PT. Menteng Kencana Mas, di Kabupaten Pulang Pisau, kerjasama  dengan Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Pulang Pisau…

 

Seperti telah dikatakan oleh Manager CSR CBI Group Anita Erliana, bahwa kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan dan Strategi Marketing UMKM pada Program Kelompok Tani Kopi di Desa Talio Hulu, Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, telah dilaksanakan sekitar satu bulan yang lalu Senin, 28 November 2022.

 

Menurut Manager senior di CBI Group, bahwa kegiatan Bimtek tersebut juga sekaligus dimanfaatkan untuk Launching Produk Kopi Tahulu, sekaligus dengan mengenalkan  kemasan yang baru pada  Branding Kopi Tahulu yang merupakan produksi dari Kelompok Tani Kopi Melati binaan PT. Borneo Sawit Gemilang melalui program CSR perusahaan.

 

Saat ini  lanjut  Anita Erlina, bahwa Tim CSR PT. Borneo Sawit Gemilang dan PT. Menteng Kencana Mas, sedang gencar melakukan promosi Kopi Tahulu baik di internal perusahaan maupun di luar perusahaan.

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

 

Diakui Anita Erlina  bahwa promosi tidak hanya terbatas dilakukan di wilayah perusahaan yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, namun juga di lakukan di wilayah group perusahaan yang berada di Kabupaten Kobar dan Kabupaten Lamandau.

 

Dan hebatnya lagi, berkat semangat dan dedikasi yang dibarengi gencarnya mempromisikan Kopi Tahulu, banyak yang memesan Kopi Tahulu melalui Tim CSR CBI Group. “Saya oftimis kedepannya nama Kopi Tahulu bakal mendominasi pasaran di Kalimantan Tengah  karena telah banyak disukai masyarakat Kalteng,“ kata Anita Erlina.

 

Walhasil kata Anita Erlina, dalam kegiatan Tim CSR CBI Group tidak hanya sebatas pada pembinaan dan pemberdayaan kelompok tani Kopi Melati yang diketuai oleh Kurin Nikmah ini, namun CSR perusahaan juga membantu memasarkan produk kopi yang dihasilkan guna meningkatkan penghasilan petani kopi tersebut.

 

Dijelaskan Anita Erlina, dalam kegiatan  Bimtek sekaligus launching produk Kopi Tahulu tersebut dihadiri oleh Kepala Disperindagkop UKM Elieser Jaya, Kabid Koperasi dan UKM, Agus Tunder, Koordinator Tenaga Penyuluh, Memet Kurniawan, Kades Talio Hulu, Joko Kristiono, perangkat desa, seluruh anggota Kelompok Tani kopi melati UMKM Kopi Tahulu serta Staf CSR Regional 3 Arbai yang merupakan pendamping kegiatan bimtek. 

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

 

Seiring  telah berjalannya kegiatan tersebut diatas, penulis bersama rekan jurnalis yang terdaftar di PWI Kabupaten Kobar, diundang dalam acara  Ngopi Preneur, yang digagas Monica Putri Rasyid CEO Klinik Bisnis  Sabtu, 10 Desember 2022 di Hotel Kecubung Pangkalan Bun.

 

Menurut Monica, kehadiran Klinik Bisnis membawa misi besar untuk dapat bermanfaat di tengah masyarakat. Berbagai program telah dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan guna mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya para penggiat UMKM.

 

Kini Klinik Bisnis  kembali  menggelar  event bergengsi yang menjadi salah satu program unggulan Klinik Bisnis yaitu Ngopi Preneur (Ngobrol Pintar Entrepreneur) di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

 

“The Biggest Eventpreneur, Ngopi Preneur akan menjadi sebuah ajang pengembangan UMKM terbesar di Kalimantan. Dan Program ini menjadi ajang bagi mitra UMKM untuk menunjukan produk-produk unggulannya melalui presentasi produk kepada investor. Selain itu para mitra juga akan mendapatkan mentoring UMKM dari mentor ahli yang akan hadir,“ kata Monica. SEMOGA***