Tiga Sekolah Binaan BGA Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

IST / BERITA SAMPIT - Tiga sekolah binaan Bumitama raih pernghargaan Adiwita Nasional dari KLHK RI.

JAKARTA – Tiga sekolah binaan Bumitama Guna Agro (BGA) yaitu SMPS 1 Bumitama Antang Kalang, SDS Bumitama Metro Kendawangan, dan SDS Bumitama SBHE, raih penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Desember 2022.

Prestasi ini tentunya menguatkan kembali bahwa Bumitama telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Gerakan PBLHS sendiri ditujukan untuk  mendorong aksi kolektif agar seluruh warga sekolah secara sadar dan sukarela serta berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup yang meliputi aspek kebersihan, fungsi, sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon / tanaman, konservasi air, konservasi energi dan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan hidup lainnya berdasarkan hasil identifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup

“Gerakan PBLHS merupakan implementasi aspek ESG dan saya sangat bangga mengetahui bahwa bapak dan ibu guru serta sekolah – sekolah di Indonesia bertahun – tahun berkontribusi terhadap pengembangan ESG dan kualitas lingkungan dunia dengan penuh dedikasi dan semangat melalui partisipasi di dalam Gerakan PBLHS Program Adiwiyata yang dilaksanakan KLHKN sejak tahun 2006” ungkap Dr. Alue Dohong Ph.D, wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam sambutannya saat Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022.

BACA JUGA:   TKD Gelar Silaturahmi dan Bukber Syukuran Kemenangan Prabowo-Gibran, Kalteng Tertinggi Ketiga Nasional

Dalam  penyerahan  tersebut  ada  94 sekolah Adiwiyata Mandiri  dan 305 sekolah Adiwiyata Nasional se-Indonesia. Tiga diantaranya adalah sekolah binaan Bumitama tersebut.

“Kami sebagai bagian dari Yayasan Bumitama sangat senang atas pencapaian penghargaan Adiwiyata Nasional 2022 ini. Bagi kami, sertifikat Adiwiyata ini merupakan bonus dari segala usaha yang telah diberikan oleh tim sekolah dalam menumbuhkan budaya peduli lingkungan yang kami coba tanamkan sejak dini. Kami akan terus menjaga penghargaan Adiwiyata Nasional ini, meningkatkan literasi, mengembangkan inovasi dan juga budaya peduli lingkungan. Salam berkarakter setulus hati” kata Sri Wahyuni Nur Hidayah selaku Pengurus Yayasan Bumitama, Jumat 9 Desember 2022.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Desak Dirut PHE Bekerja Maksimal Tingkatkan lifting Migas Nasional

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dr Iwan Syahril mengucapkan selamat kepada para juara.

“Semoga semua satuan pendidikan memiliki jiwa untuk penggerak, bukan hanya sekolah itu sendiri tapi juga bisa menularkan ke sekolah lainnya. Penghargaan ini merupakan tanggung jawab, karena yang mudah bukanlah meraih tapi lebih ke mempertahankan. Semoga bisa menjadi teladan dan juga bisa terus menjaga alam serta lingkungan sekitar sebagai upaya kita untuk generasi mendatang” tutup Iwan Syahril.(naco)