Gubernur Kalteng Hadiri Pembukaan Ritual Balian Nampung Sahur, Maluput Hajat, Palus Mampendeng Balai Karamat Raja

Hardi/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menghadiri acara pembukaan Ritual Balian Nampung Sahur, Maluput Hajat, Palus Mampendeng Balai Karamat Raja dan Turnamen Catur Nataru Cup – 1 Tahun 2022, bertempat di Betang Hapakat, Palangka Raya, Selasa 27 Desember 2022.

Acara yang digelar dalam rangka memperkenalkan kearifan lokal, melestarikan adat budaya dan mendoakan bumi Kalimantan Tengah ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa lintas agama. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo, Kapolda Irjen Pol Nanang Avianto, Danrem Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kajati Pathor Rahman, dan Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran, membuka acara secara simbolis dengan melakukan penabuhan alat musik tradisional dayak “Katambung”.

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

Sementara itu, Gubernur Kalteng saat menyampaikan sambutan, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DAD Kalteng tersebut.

“Saya berterima kasih, mengapresiasi atas kegiatan yang digelar oleh Pak Ketua Umum DAD Kalteng, di samping itu ada catur, ada yang lain, terus ada Mampendeng Balai Karamat Raja. Jalankan sesuai dengan adat dan kepercayaan kita,” ucapnya.

BACA JUGA:   Dislutkan Gelar Rapat Anggota Tahunan

Selain itu, ia berharap, kearifan lokal yang ada di Kalimantan Tengah harus selalu dijaga dan dilestarikan, sehingga dapat diwariskan kepada para generasi berikutnya secara turun-temurun guna dihayati, dipelajari, dan dijalankan dalam kehidupannya. (Hardi)